Mensos Muhadjir Cabut Izin PUB Yayasan ACT, Dinsos NTB Lakukan Tindakan ke Kantor Cabang ACT

- Kamis, 7 Juli 2022 | 10:58 WIB
Mensos Muhadjir Effendy saat menerima audiensi pihak Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) di ruang kerjanya, Selasa, 5 Juli 2022.  (Foto : Kemensos.go.id)
Mensos Muhadjir Effendy saat menerima audiensi pihak Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) di ruang kerjanya, Selasa, 5 Juli 2022. (Foto : Kemensos.go.id)

NTBPOS.com - Izin Penyelenggaraan Pengumpulan Uang dan Barang (PUB) Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Tahun 2022 akhirnya di cabut oleh Kementrian Sosial (Kemensos) RI. Pencabutan izin ini terkait adanya dugaan pelanggaran peraturan yang dilakukan oleh ACT.

Pada laman Kemensos.go.id memuat pencabutan itu dinyatakan dalam Keputusan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 133/HUK/2022 tanggal 5 Juli 2022.

Keputusan pencabutan izin penyelenggaraan pengumpulan sumbangan kepada ACT ini ditandatangani oleh Menteri Sosial, Muhadjir Effendy.

“Menunggu hasil pemeriksaan dari Inspektorat Jenderal, baru akan ada ketentuan sangsi lebih lanjut," kata Muhadjir.

Baca Juga: Mensos Risma Hadapi Mahasiswa Yang Mengejarnya Saat Berkunjung Ke Lotim

Pasal 6 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1980 tentang Pelaksanaan Pengumpulan Sumbangan berbunyi: Pembiayaan usaha pengumpulan sumbangan sebanyak-banyaknya 10% (sepuluh persen) dari hasil pengumpulan sumbangan yang bersangkutan. Sementara dalam klarifikasinya, Presiden ACT, lbnu Khajar menyebut operasional yayasan menggunakan rata-rata 13,7% dana hasil pengumpulan.

Muhadjir mengatakan angka 13,7% itu tidak sesuai dengan ketentuan batasan maksimal 10%. Sedangkan PUB bencana seluruhnya disalurkan kepada masyarakat tanpa ada biaya operasional dari dana yang terkumpul.

Lanjut Muhadjir, bahwa pemerintah responsif terhadap hal-hal yang sudah meresahkan masyarakat. Penyisiran terhadap izin-izin yayasan lain juga akan dilakukan untuk memberi efek jera.

Baca Juga: Mensos Salurkan Bantuan dan Berdayakan Kelompok Marjinal Saat Kunjungi NTB

Buntut itu, Dinas Sosial (Dinsos) NTB juga menindaklanjuti surat Kemensos untuk menghentikan aktivitas penerimaan uang di ACT NTB.

Halaman:

Editor: Najamudin Annaji

Sumber: kemensos.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

TGB Resmi Jadi Ketua Harian Nasional Partai Perindo

Minggu, 7 Agustus 2022 | 12:45 WIB
X