• Senin, 8 Agustus 2022

Rawan Kecelakaan, Jalur Pusuk Sembalun Penting Dibuatkan Guard Rail Untuk Pengaman Jalan

- Kamis, 14 Juli 2022 | 15:52 WIB
Kondisi Jalur Pusuk Sembalun Tanpa Pagar Pembatas yang Menyebabkan Rawan Kecelakaan./www.ntbpos.com/ (Unrara Angan)
Kondisi Jalur Pusuk Sembalun Tanpa Pagar Pembatas yang Menyebabkan Rawan Kecelakaan./www.ntbpos.com/ (Unrara Angan)

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com - Rawan kecelakaan akibat kondisi jalan di Pusuk Sembalun, yang terjal dan berliku-liku menyebabkan kerap kali terjadi kecelakaan lalu lintas ( laka lantas ) , sehingga tak jarang mobil atau motor masuk jurang karena tidak memiliki Guard Rail (pagar pengaman) pinggir jalan.

Seperti kecelakaan yang terjadi pada Rabu (13/7) kemarin, dimana mobil terjun bebas ke jurang sedalam 20 meter, hingga menyebabkan 3 orang meninggal, empat di antaranya dirawat di Puskesmas Sembalun.

Atas beberapa insiden itu, Wakil Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pusuk Sembalun, Adi, mendorong Pemerintah Kabupaten maupun pemerintah Provinsi untuk membuat Guard Rail berupa concrete barrier wall (beton) di tepi jalan.

Baca Juga: Hendak Mengantar Anak Berobat, Mobil Rombongan Jatuh ke Jurang Sedalam 20 Meter

Kecelakaan yang kerap kali terjadi, seharusnya menjadi pembelajaran bagi Pemerintah untuk memikirkan keselamatan pengendara baik itu warga lokal maupun wisatawan yang melintasinya.

“Tidak sekali ini saja terjadi kecelakaan, tetapi sering kali terjadi karena tidak ada pembatas dibeberapa ruas jalan berliku dan terjal,“ kata Adi, Kamis, 13 Juni 2022.

Menurutnya, dengan adanya Guard Rail dari beton, akan meminimalisir terjadinya kecelakaan mobil terjun bebas ke jurang disebabkan karena rem blong maupun masalah lain.

Baca Juga: Diduga Kualitas Buruk, Proyek Talut Jalan Pusuk Sembalun Jebol

Jika dibiarkan seperti kondisi jalan saat ini, akan banyak lagi mobil bakal masuk jurang, sehingga akan berakibat fatal bagi pengendara.

Halaman:

Editor: Suandi Yusuf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

JA Akhiri Hidupnya Dengan Seutas Kabel Listrik

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 09:37 WIB
X