• Senin, 8 Agustus 2022

Suhu Udara Terasa Sangat Dingin di NTB Pada Malam Hari Hingga Menjelang Pagi, Begini Penjelasan BMKG

- Minggu, 10 Juli 2022 | 00:48 WIB
Suhu udara terasa sangat dingin, tampak anak - anak memakai selimut . (Foto : today is a gift- vianziza.wordpress.com)
Suhu udara terasa sangat dingin, tampak anak - anak memakai selimut . (Foto : today is a gift- vianziza.wordpress.com)

NTBPOS.com - Suhu udara terasa sangat dingin di wilayah Nusa Tenggara Barat ( NTB ) pada malam hari hingga menjelang pagi.

Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi Zaenudin Abdul Madjid Lombok, Aprilia Mustika Dewi, melalui keterangan tertulis, Sabtu, 9 Juli 2022 mengatakan suhu udara pada malam hari hingga pagi terasa dingin sejak Juni hingga Agustus 2022.

"Ketika musim kemarau telah tiba, pada malam hari hingga menjelang pagi suhu udara akan terasa dingin hingga 21 derajat", kata Aprilia.

Baca Juga: NTB Dilanda Suhu Dingin, BMKG Jelaskan Penyebabnya

Dia mengatakan bahwa pada musim kemarau, kelembaban udara yang relatif rendah dan tutupan awan yang sedikit membuat suhu udara terasa lebih dingin pada malam hingga menjelang pagi.

Suhu udara terasa sangat dingin karena sedikitnya tutupan awan, sehingga membuat gelombang pendek yang terpancar dari matahari terserap sempurna oleh permukaan bumi, sehingga pada malam hari cuaca cerah dan tidak ada tutupan awan gelombang panjang akan terpancar seluruhnya ke angkasa. Itulah yang mengakibatkan suhu udara terasa sangat dingin.

"Sehingga suhu udara akan terasa sangat dingin dari biasanya terutama pada malam hari sampai menjelang pagi," jelasnya.

Baca Juga: BMKG Ganti Nama Stasiun BIL Menjadi Stasiun Zainuddin Abdul Madjid

Dia juga menjelaskan, kondisi suhu udara pada malam musim kemarau dipengaruhi oleh angin monsun Australia dengan massa udara kering dan dingin yang bergerak dari Australia menuju ke Asia melewati wilayah Indonesia, khususnya Nusa Tenggara Barat.

Halaman:

Editor: Najamudin Annaji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

JA Akhiri Hidupnya Dengan Seutas Kabel Listrik

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 09:37 WIB
X