• Senin, 8 Agustus 2022

Universitas Hamzanwadi Kembali Meraih Hibah PKKM Kemendikbud

- Sabtu, 16 Juli 2022 | 11:05 WIB
Pembekalan magang industri, proyek independen, bina desa dan pertukaran mahasiswa Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) . (Foto: Najamudin Annaji)
Pembekalan magang industri, proyek independen, bina desa dan pertukaran mahasiswa Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) . (Foto: Najamudin Annaji)

NTBPOS.com - Universitas Hamzanwadi kembali meraih hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) dari Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI tahun anggaran 2022 untuk kedua kalinya.

Ketua Task Force PKKM Universitas Hamzanwadi Dr. Padlurrahman mengatakan, PKKM ini bertujuan menguatkan tridarma perguruan tinggi agar institusi menjadi sehat dan mandiri.

"Alhamdulilah tahun ini dua prodi kampus kita yakni Farmasi 41 orang dan Teknik Informatika 100 orang kembali dipercaya dan diamanatkan menjalankan PKKM dan jumlah meningkat," ujarnya saat membuka acara PKKM melalui keterangan tertulis, Sabtu 16 Juli 2022.

Baca Juga: Universitas Hamzanwadi Menerima Penghargaan dari LLDikti

PPKM ini tidak hanya dilaksanakan di dalam perguruan tinggi tetapi di luar seperti bidang usaha atau industri dan pada PKKM tahun 2021 lalu Universitas Hamzanwadi telah menggandeng 9 mitra seperti perusahan kosmetik, pemerintah desa dan lainnya.

Dia berharap, mitra ini tidak hanya menjalin kemitraan saat ini tetapi ada keberlanjutan pada masa mendatang sehingga hubungan kemitraan tetap terjaga karena itu diharapkan semua dosen juga dapat melaksanakan tridarma melalui pendapingan mahasiswa.

Perlu dipertegas kata Padlurrahman, keuntungan PKKM ini bagi mahasiswa dapat mempercepat proses perkuliahan mereka karena nilai dari PKKM ini dikonversi ke dalam mata kuliah setara dengan satu semester yakni 20 SKS.

Baca Juga: Ketua MK Mengisi Kuliah Umum di Universitas Hamzanwadi

"Mahasiswa juga mendapatkan sertifikat pendamping ijazah sebagai bukti kompetensi karena tujuan PKKM ini meningkatkan mutu dan relevansi perguruan tinggi agar dapat berkontribusi dalam meningkatkan daya saing bangsa di dunia internasional," paparnya.

Sementara itu, Wakil Raktor Universitas Hamzanwadi Dr H Khirjan Nahdi mengatakan, dengan pelaksanaan PKKM ini dapat melakukan penyesuaian SDM yang ada sesuai dengan pedoman kementerian.

Halaman:

Editor: Najamudin Annaji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X