• Senin, 8 Agustus 2022

Keren, IJIMS UIN Salatiga Peringkat 15 Jurnal Terbaik Dunia

- Jumat, 15 Juli 2022 | 03:52 WIB
Kampus UIN Salatiga . (Foto : Dok/www.ntbpo.com)
Kampus UIN Salatiga . (Foto : Dok/www.ntbpo.com)

NTBPOS.com - Keren, Indonesian Journal of Islam dan Muslims Societies ( IJIMS ) yang diterbitkan Universitas Islam Negeri ( UIN ) Salatiga masuk dalam deretan lima belas jurnal terbaik dunia dari 547 jurnal yang terindeks Scopus dalam kategori Studi Keagamaan ( religious studies ).

IJIMS menjadi satu-satunya jurnal Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) mengukir prestasi di level dunia dari Indonesia yang menempati posisi lima belas jurnal terbaik dunia .

Posisi ini tentu saja mengokohkan posisi yang telah diraih sebelumnya sebagai jurnal terbaik di Asia untuk kategori yang sama menurut pemeringkatan Scimago Journal Rank ( SJR ).

Baca Juga: Dosen Terpapar Corona, UIN Mataram Kembali Lockdown

Naiknya posisi jurnal IJIMS ini sebagai konsekuensi dari raihan cite skor yang naik drastis menjadi 1. 8 dari tahun sebelumnya 1. 1 sehingga mendongkrak posisinya dari peringkat 31 ke peringkat 15 Dunia.

Plh. Direktur Jenderal Pendidikan Islam yang sekaligus Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam ( PTKI ), Amien Suyitno, mengapresiasi capaian IJIMS.

“Ini menunjukkan hasil riset yang terpublikasi melalui jurnal IJIMS benar-benar memberikan kontribusi besar bagi dunia ilmu pengetahuan. Dunia PTKI memainkan peran yang sangat strategis dalam pengembangan pengetahuan tingkat dunia, terlebih dalam isu-isu studi keagamaan ( religious studies ). Dan ini artinya, Indonesia adalah tempat yang sangat tepat untuk belajar tentang agama dan keislaman”, ungkap guru besar UIN Palembang, di Jakarta, Kamis 14 Juli 2022, dikutip ntbpos.com dari Kemenag.go.id.

Baca Juga: Gubernur dan Menteri Agama Resmikan Sembilan Gedung Baru UIN Mataram

Rektor UIN Salatiga yang sekaligus editor in-chief IJIMS, Zakiyuddin Baidhawy, mengatakan UIN Salatiga terus meningkatkan kualitas jurnal di tingkat dunia.

“Alhamdulillah, kini IJIMS menjadi 15 jurnal terbaik tingkat dunia dari sekian ribu jurnal lainnya. Tentu, ini menjadi kebanggaan kita semua," ujar Zakiyuddin Baidhawy.

Halaman:

Editor: Najamudin Annaji

Sumber: Kemenag.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X