Dua Desa di Lombok Timur Dapat Bantuan Dana Pengembangan Desa Wisata dari Kementerian

- Rabu, 6 Juli 2022 | 19:40 WIB
Penandatanganan Kerja Bersama (PKB) di Gedung Grend Mulya Bogor &  Convention Hotel, Sukaraja, Bogor, Jawa Barat./www.ntbpos.com/ (Istimewa)
Penandatanganan Kerja Bersama (PKB) di Gedung Grend Mulya Bogor & Convention Hotel, Sukaraja, Bogor, Jawa Barat./www.ntbpos.com/ (Istimewa)

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com - Di tahun 2022, Kabupaten Lombok Timur (Lotim) menyandang penghargaan berupa bantuan dana pengembangan desa wisata oleh Kementerian Desa.

Penghargaan itu diberikan langsung kepada dua Desa yakni Desa Kesik Kecamatan Masbagik dan Lenek Pesiraman Kecamatan Lenek, yang berlangsung di Bogor, Jawa Barat, beberapa hari yang lalu.

Kepala Bidang Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Desa, Dinas Pemberdayaan Pemberdayaan dan Masyarakat Desa, Kabupaten Lombok Timur, Hj. Martaniati, saat mendampingi dua Kepala Desa mengatakan, bantuan yang diberikan itu berupa dana untuk membangun sarana dan prasaran.

Baca Juga: Dari 91 Desa Wisata di Lotim, 60 Persen Ditargetkan Ikuti ADWI 2022

“Persyaratan sudah kita lengkapi dan langsung menandatangani Perjanjian Kerja Bersama (PKB) di Bogor,“ ungkap Hj. Martaniati, Rabu, 6 Juli 2022.

Walaupun kondisi keuangan daerah bisa dikatakan masih minim, namun kaya akan alam yang kita miliki di setiap desa menjadi perhatian pemerintah pusat. Sekian banyak Bupati Lombok Timur membuat Surat Keputusan desa wisata, yang kemudian di kirim ke pemerintah pusat terus di respon dengan baik.

“Terbukti tahun ini hanya Lotim mendapat bantuan dua desa di NTB. Kabupaten lain hanya satu saja,“ tuturnya.

Baca Juga: Menteri Sandi Apresiasi Tiga Desa Wisata yang Wakili RI di Ajang UNWTO 2021

Dia memaparkan, untuk Desa Kesik mendapatkan bantuan Rp. 300 juta, sedangkan Desa Lenek Pesiraman mendapatkan Rp 500 juta. Dari segi budaya dan alam kedua desa ini berpotensi, bahkan sudah memiliki master plan desa wisata masing-masing.

Halaman:

Editor: Suandi Yusuf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X