• Senin, 8 Agustus 2022

Kunjungi Bendungan Meninting, Menteri PUPR Ingatkan Pihak Ketiga Tingkatkan Kualitas Kontruksi

- Jumat, 1 Juli 2022 | 12:20 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, meninjau langsung bendungan Meninting pasca meluap nya lokasi proyek akibat hujan lebat./www.ntbpos.com/ (pu.go.id)
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, meninjau langsung bendungan Meninting pasca meluap nya lokasi proyek akibat hujan lebat./www.ntbpos.com/ (pu.go.id)

LOMBOK BARAT, NTBPOS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengingatkan kontruksi pembangunan perlu peningkatan untuk mendapatkan kualitas terbaik. Hal ini disampaikan usai mengunjungi Bendungan Meninting di Lombok Barat, NTB, Rabu, 28 Juni 2022.

Ditekankannya, pembangunan bendungan harus dilakukan secara tertib dan tepat dengan tetap menjaga kondisi lingkungan sekitar.

“Hindari menebang pohon, jika tidak perlu. Agar bukit-bukitnya tidak rusak. Untuk itu metode konstruksi harus disusun secara cermat dan hati-hati,“ tegas Basuki.

Peran Konsultan pengawas sangat penting, sambungnya, karena bertindak sebagai wakil owner dan menentukan kualitas pekerjaan.

Baca Juga: Dukung Produksi Pertanian, Pemerintah Bangun Bendungan Tiu Suntuk di Sumbawa Barat

Bendungan Meninting termasuk dalam pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk mendukung ketahanan pangan dan air, khususnya di kawasan timur Indonesia.

Pembangunan bendungan yang dikerjakan sejak tahun 2019 ini menelan biaya sebesar Rp1.410 miliar. Yang bertindak sebagai kontraktor utama yakni PT. Hutama Karya dan PT. Nindya Karya, serta konsultan pengawas PT. Indra Karya.

Basuki menilai, progres keseluruhan pembangunan Bendungan Meninting saat ini sebesar 30,49% dengan target rampung tahun 2023.

PuBaca Juga: Green Building Diterapkan Kementerian PUPR untuk Mereduksi Dampak Lingkungan, Dijadikan Objek Wisata

Halaman:

Editor: Suandi Yusuf

Sumber: pu.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BNPB Kawal Penghijauan Mandalika

Jumat, 13 November 2020 | 16:26 WIB
X