• Senin, 8 Agustus 2022

Kenali Penyakit Kusta dan Gejalanya Sedini Mungkin

- Sabtu, 23 Juli 2022 | 16:08 WIB
Gambar ilustrasi penderita penyakit Kusta./www.ntbpos.com/ (Istimewa)
Gambar ilustrasi penderita penyakit Kusta./www.ntbpos.com/ (Istimewa)

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com - Kusta adalah penyakit infeksi bakteri kronis yang menyerang kulit, syaraf tepi dan saluran pernapasan. Kusta atau Lepra ini disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae.

Bakteri kusta, dapat menular melalui kontak langsung (bersentuhan) dari satu orang ke orang lainnya. Tertular juga Melalui percikan cairan dari saluran pernapasan (droplet), yaitu ludah atau dahak yang keluar saat batuk atau bersin.

Status Kusta khususnya di Lotim sudah tereliminasi, namun bukan berati dilalaikan. Sebab itu, Tenaga Kesehatan di setiap Fasilitas Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur (Dinkes Lotim) melakukan deteksi dini.

Baca Juga: Dinkes Lotim Kembali Menemukan Kasus Penyakit Kusta, Terbanyak di Kecamatan Jerowaru

“Walaupun kusta berstatus eliminasi bukan berarti kita lalai, tetap melakukan deteksi dini secara cepat,“ kata Dr. Pathurrahman, Kepala Dinas Kesehatan Lotim, saat dikonfirmasi beberapa hari lalu.

Penting diketahui, ada beberapa faktor penyebab kusta, diantaranya kebersihanan lingkungan dan kebersihan pribadi. Selanjutnya, sarana sanitasi di rumah tangga seperti air bersih, jamban keluarga dan sampah. “Faktor keturunan juga mempengaruhi,“ katanya.

Gejala-gejala penyakit kusta, dapat dilihat dari timbulnya bercak-bercak berwarna terang atau kemerahan disertai dengan berkurangnya kemampuan merasa, mati rasa dan lemas pada tangan dan kaki.

DikBaca Juga: Tim NTB Care dan Dinkes Provinsi NTB Pastikan Aduan Kesehatan Terfasilitasi dengan Baik

Penyakit infeksi kronis ini penularannya tidak cepat dan dapat disembuhkan, terutama menyebabkan lesi kulit dan kerusakan saraf.

Halaman:

Editor: Suandi Yusuf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hamil Usia Dini Rentan Lahirkan Anak Stunting

Rabu, 20 Juli 2022 | 18:40 WIB

Masalah Stunting Menjadi Fokus Global

Kamis, 14 Juli 2022 | 21:11 WIB
X