• Senin, 8 Agustus 2022

Dinkes Lotim Kembali Menemukan Kasus Penyakit Kusta, Terbanyak di Kecamatan Jerowaru

- Selasa, 19 Juli 2022 | 11:40 WIB
Budiman Satriadi, Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Kesehatan Lingkungan (P2KL), Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur./www.ntbpos.com/ (Unrara Angan)
Budiman Satriadi, Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Kesehatan Lingkungan (P2KL), Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur./www.ntbpos.com/ (Unrara Angan)

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com - Pada tahun 2022, Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur (Dinkes Lotim) menemukan empat kasus penyakit Kusta di Kecamatan Selong, Jerowaru, Sakra Barat dan Terara.

Empat Kecamatan tersebut, pernah juga ditemukan kasus yang sama atau disebut Lepra pada tahun 2020 dan 2021 yang lalu.

“Kasus Kusta yang terbanyak di Kecamatan Jerowaru,“ kata Budiman Satriadi, Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Kesehatan Lingkungan (P2KL), Dinas Kesehatan Lotim, Selasa, 19 Juli 2022.

Baca Juga: Empat Jenis Perilaku Bullying Yang Mempengaruhi Kesehatan Mental

Untuk itu, daerah-daerah dulunya ada kasus penyakit kusta menjadi perhatian khusus Dinkes Lotim melakukan observasi. “Ini salah satu strategi kita, penemuan secara dini,“ pungkasnya.

Walaupun penularan penyakit Kusta tidak begitu cepat, namun jika tidak segera diobati berakibat fatal. “Penderita bisa cacat karena diserang saraf tepi,“ imbuhnya. np

Editor: Suandi Yusuf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hamil Usia Dini Rentan Lahirkan Anak Stunting

Rabu, 20 Juli 2022 | 18:40 WIB

Masalah Stunting Menjadi Fokus Global

Kamis, 14 Juli 2022 | 21:11 WIB
X