• Senin, 8 Agustus 2022

Masalah Stunting Menjadi Fokus Global

- Kamis, 14 Juli 2022 | 21:11 WIB
 (photo : sehatnegeriku.kemkes.go.id)
(photo : sehatnegeriku.kemkes.go.id)

 

JAKARTA, NTBPOS.com -Permasalahan gizi atau stunting dan gizi lebih atau obesitas tidak saja menjadi permasalahan Pemerintah Republik Indonesia. Maslah ini juga menjadi fokus Global.

Berdasarkan survei Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) 2021 menyebutkan prevalensi stunting sebesar 24,4 persen. Angka ini masih jauh dari angka prevalensi yang ditargetkan dalam rpjmn 2020-2024, yakni 14 persen.

Data Riskesdas 2018 prevalensi obesitas (gemuk) pada Balita sebanyak 3,8 persen dan obesitas usia 18 tahun ke atas sebesar 21,8 persen. Target angka obesitas di 2024 tetap sama 21,8 persen, upaya yang diarahkan untuk mempertahankan obesitas tidak naik. Ini adalah upaya yang sangat besar dan cukup sulit.

Baca Juga: Penyuluhan Harus Digencarkan, Angka Stunting di Tiga Puskesmas Lombok Timur Hampir 40 Persen

Anak stunting sendiri merupakan gagal tumbuh ditandai dengan tinggi badan pendek dan perkembangan intelektual terhambat. Dalam jangka panjang dapat menimbulkan dampak pada gangguan metabolik yang meningkatkan risiko individu obesitas, diabetes, stroke, dan jantung.

Dikutip ntbpos.com, dari sehatnegeriku.kemkes.go.id, Kamis, 14 Juni 2022. Guru Besar Ilmu Gizi FEMA IPB Prof Dr. Hardiansyah, menurutnya dua hal harus segera dicegah secara dini baik itu stunting maupun obesitas.

Baca Juga: Dr. Pathurrahman : Makanan Sehat Itu Tidak Harus Mahal Untuk Menghindari Stunting

Dimulai dari keluarga kecil, sebab ini memiliki peran penting dalam menentukan makanan pada saat hamil dan pemberian gizi serta pola asuh pada anak setelah lahir.

Untuk mencegah stunting, calon ibu hendaknya memeriksa kesehatan sebelum hamil dan rutin melakukan pememeriksaan saat hamil. Di khawatirkan penambahan berat badan ibu hamil tidak mencukupi sebab, salah satu faktor utama stunting.

Halaman:

Editor: Acep Suherlan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hamil Usia Dini Rentan Lahirkan Anak Stunting

Rabu, 20 Juli 2022 | 18:40 WIB

Masalah Stunting Menjadi Fokus Global

Kamis, 14 Juli 2022 | 21:11 WIB
X