• Senin, 8 Agustus 2022

Dinas Kesehatan Lombok Timur Cegah Resiko Stunting Melalui Intervensi Gizi Spesifik dan Sensitif

- Sabtu, 9 Juli 2022 | 18:51 WIB
Promosi dan kesehatan lingkungan pada status gizi ibu oleh sektor kesehatan Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Lombok Timur (Lotim)./www.ntbpos.com/ (Unrara Angan)
Promosi dan kesehatan lingkungan pada status gizi ibu oleh sektor kesehatan Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Lombok Timur (Lotim)./www.ntbpos.com/ (Unrara Angan)

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com - Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Lombok Timur berupaya menurunkan stunting melalui dua intervensi gizi, yakni spesifik dan sensitif. Pencegahan ini dikatakan mampu meminimalisir resiko stunting.

Intervensi gizi spesifik merupakan upaya pendekatan langsung untuk mengatasi penyebab stunting, seperti asupan makanan, pencegahan infeksi, status gizi ibu, penyakit menular dan kesehatan lingkungan.

“Kegiatan ini diberikan langsung oleh sektor kesehatan,“ ujar Wahyuni Kunayarti, Sub Koordinator Gizi Bidang Kesehatan Masyarakat, Dikes Lotim, Jumat, 8 Juli 2022.

Baca Juga: Dr. Pathurrahman : Makanan Sehat Itu Tidak Harus Mahal Untuk Menghindari Stunting

Sementara intervensi sensitif merupakan kegiatan yang berhubungan dengan penyebab tidak langsung stunting. Pada umumnya berada di luar persoalan kesehatan, seperti penyediaan air minum dan sanitasi, pelayanan gizi dan kesehatan, peningkatan kesadaran pengasuhan dan gizi serta peningkatan akses pangan bergizi.

“Kalau di Dikes Lotim, penyumbang intervensi spesifik 30 persen dan 70 persennya intervensi sensitif ada di Dinas lain,“ terangnya.

Selain dua intervensi tersebut, faktor pendukung terjadinya penurunan stunting seperti kebijakan, keterlibatan pemerintah dan lintas sektor serta kapasitas untuk melaksanakan intervensi yang ada.

Baca Juga: Mengenal Stunting dan Cara Pencegahannya

“Kebijakan Bupati Lotim sudah ada,  berkomitmen menurunkan angka stunting,“ imbuhnya. np

Halaman:

Editor: Suandi Yusuf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hamil Usia Dini Rentan Lahirkan Anak Stunting

Rabu, 20 Juli 2022 | 18:40 WIB

Masalah Stunting Menjadi Fokus Global

Kamis, 14 Juli 2022 | 21:11 WIB
X