• Senin, 8 Agustus 2022

Dr. Pathurrahman : Makanan Sehat Itu Tidak Harus Mahal Untuk Menghindari Stunting

- Kamis, 7 Juli 2022 | 20:02 WIB
Dr. Pathurrahman, Kepala Dinas Kesehatan Lombok Timur   (Photo : Unra)
Dr. Pathurrahman, Kepala Dinas Kesehatan Lombok Timur (Photo : Unra)

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com - Untuk menghindari stunting, tentunya Ibu hamil harus melengkapi nutrisi si buah hati. Agar mendapatkan makanan sehat guna memenuhi kebutuhan nutrisi, asupan makanan tidak harus mahal dan dapat ditemui disekeliling kita.

Makanan sehat selain lauk pauk, yang mudah ditemukan di sekeliling kita, salah satunya sayur mayur. Khususnya di Lombok Timur, sayur mayur dapat diperoleh secara geratis, kalaupun beli tidak terlalu mahal.

"Makanan sehat seperti sayur-sayuran itu banyak di sekeliling kita, bahkan bisa kita tanam sendiri di perkarangan rumah," ujar dr. Pathurrahman, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur ini, Rabu, 6 Juli 2022.

Baca Juga: Mengenal Stunting dan Cara Pencegahannya

Selanjutnya, dia merekomendasikan untuk sehat itu mengkonsumsi sayur mayur diantarany, Sayur bayam. Sayur kaya nutrisi ini murah meriah dan banyak sekali kita jumpai. Yang terkandung dalam sayuran ini yaitu kaya asam folat, kalsium zat besi, kalium magnesium serta vitamin A vitamin C dan vitamin K.

"Kita mengkonsumsi bayam ini untuk mengurangi resiko diabetes dan kanker karena juga mengandung sulfat," Katanya.

Daun sawi hijau. Sayur ini mengandung sumber antioksidan tinggi termasuk vitamin A vitamin C dan vitamin K serta fitur nutrien. Satu ini juga sebagai nutrisi melawan kanker.

Sayur kubis, ini juga baik untuk memelihara kesehatan mata dan tulangtulang, karena mengandung kalium magnesium vitamin A vitamin C vitamin K dan vitamin radikal bebas.

Baca Juga: Lombok Timur Target Angka Stunting Turun 14 Persen di 2024

Daun seledri, ini memiliki manfaat luar biasa untuk tubuh. Sayur ini mengandung polisakarida dan antioksidan, selain itu Vitamin A dan C serta polar. Berfungsi menangkal radikal bebas, mengurangi peradangan dan resiko jantung.

Halaman:

Editor: Acep Suherlan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hamil Usia Dini Rentan Lahirkan Anak Stunting

Rabu, 20 Juli 2022 | 18:40 WIB

Masalah Stunting Menjadi Fokus Global

Kamis, 14 Juli 2022 | 21:11 WIB
X