• Senin, 8 Agustus 2022

Menkeu Beberkan Upaya By Pass Pelayanan Digitalisasi di Semua Sektor, SBN Mampu Sentuh Kaum Millenial

- Selasa, 12 Juli 2022 | 19:20 WIB
Menkeu Sri Mulyani Indrawati . (Foto : Kemenkeu.go.id)
Menkeu Sri Mulyani Indrawati . (Foto : Kemenkeu.go.id)

NTBPOS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati membeberkan bagaimana upaya pemerintah pusat menerapkan teknologi digitalisasi dalam rangka mendorong by pass pelayanan terbaik di semua sektor. Di awali digitalisasi di sektor vital, sektor keuangan negara, pendidikan, kesehatan, termasuk pula pelayanan dasar.

“Jadi yang puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat), Menteri Kesehatan sekarang mencoba untuk melakukan digitalisasi. Transfer dari anggaran pemerintah ke biaya operasi puskesmas kesehatan itu bisa diharapkan by puskesmas, by addres, by account number,” jelas Menkeu pada Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia 2022 di Bali, Senin, 11 Juli 2022, dikutip ntbpos.com dari kemenkeu.go.id, Selasa, 12 Juli 2022.

Baca Juga: Raih Opini WTP Atas LK BA 015 dan LK BUN, Sri Mulyani : Harpakan Indonesia Maju dan Bermartabat

Sri Mulyani lebih jauh mengatakan, sistem yang sudah dibangun tersebut akan diterapkan pula pada sektor lainnya. Seperti di sektor pendidikan, misalnya, untuk keperluan transfer biaya operasional sekolah (BOS) yang dilengkapi dengan aplikasi pembelian kebutuhan sekolah. Efisiensinya sangat jelas, yaitu memudahkan pihak sekolah dalam penyusunan pelaporan dana BOS.

“Kan dulu Bapak Presiden (Joko Widodo) selalu meminta kepada menteri terkait (Mendikbud Ristek) guna mensimplifikasikan karena kepala sekolah sibuk membuat laporan pertanggungjawaban mengenai berbagai macam pengeluarannya. Nah, dengan sistim digital ini, baik transfernya maupun belanja sekolahnya mereka tidak lagi membuat berbagai laporan-laporan itu,” jelas Menkeu.

By pass keuangan

Halnya dengan pendidikan, dan kesehatan, maka pada Keuangan Negara pun sudah mengalami transformasi ke digital. Seperti penggunaan nomor induk kependudukan (NIK) sebagai nomor pokok wajib pajak (NPWP) dan pembayaran pajak melalui e-billing.

"Itu semua menggunakan sistim online," terang Menkeu.

Baca Juga: Menteri Keuangan Sri Mulyani Menyebarkan Berita Bohong ?

Digitalisasi pada sektor keuangan negara juga diterapkan saat penerbitan Surat Berharga Negara (SBN). Nyatanya cukup efektif dan dirasa kemanfaatannya oleh semua lapisan kalangan. Bahkan mampu mendorong partisipasi pada kaum millenial.

Halaman:

Editor: Najamudin Annaji

Sumber: Kemenkeu.go id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Capaian Investasi di Lombok Timur Masih Tinggi

Rabu, 28 April 2021 | 23:44 WIB
X