Main Jaran, Kultur Budaya Sumbawa yang Terpelihara

- Rabu, 15 Juni 2022 | 10:48 WIB
Maen Jaran atau pacuan kuda merupakan permainan yang sangat digemari oleh penduduk Kabupaten Sumbawa  (Foto : Najamudin Annaji / www.ntbpos.com)
Maen Jaran atau pacuan kuda merupakan permainan yang sangat digemari oleh penduduk Kabupaten Sumbawa (Foto : Najamudin Annaji / www.ntbpos.com)

MATARAM, NTBPOS.com - Main Jaran atau pacuan kuda adalah tradisi di Pulau Sumbawa yang telah lama mengakarbudaya. Sejak dahulu tradisi ini turun-temurun dilaksanakan dan menjadi bagian dari hiburan masyarakat setempat.

Begitupun dengan anak-anak sumbawa yang sangat dekat dengan kuda. Sehingga tak heran banyak dari mereka yang telah mahir menunggang kuda sejak usia muda.

"Jadi tidak tepat, menuduh adanya joki cilik sebagai bagian dari eksploitasi anak," kata Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB, Ari Garmono, pada Selasa, 14 Juni 2022 di Mataram.

Ia menilai tudingan yang beredar di sejumlah media massa beberapa waktu lalu, seharusnya tidak mengaca pada momentum pacuan kuda dan penunggang kuda dalam iklan MXGP of Indonesia Samota Sumbawa 2022 .

Penunggang kuda atau joki dalam iklan tersebut, menggambarkan tradisi masyarakat setempat. Itu nilai kultur yang harus dihormati bersama.

"Inilah nilai-nilai kultur yang menjadi kekayaan daerah," kata Ari melalui keterangan tertulis, Rabu, 15 Juni 2022.

Setiap daerah, kata Ari, memiliki tradisi masing-masing, termasuk di Sumbawa. Pacuan kuda tradisional yang juga dimiliki daerah lain di Indonesia, menjadi olahraga yang sangat diminati sejak dulu.

Jadi tidak heran, tanjunya memelihara kuda dan bermain kuda memiliki keunikan tersendiri bagi masyarakat Sumbawa. Ada keakraban secara turun temurun dan rasa persaudaraan yang tinggi secara turun temurun dari pemilik kuda ini.

"Tentu hal ini harus dihargai dan dihormati, sebagai sebuah tradisi yang masih ada ditengah kehidupan masyarakat," tambahnya.

Halaman:

Editor: Najamudin Annaji

Artikel Terkait

Terkini

Embung Bidadari Menurut Tokoh dan Kata Pengunjung

Rabu, 3 Agustus 2022 | 12:48 WIB
X