Senggeger, Pelet Suku Sasak Diyakini Ampuh Memikat Hati Wanita

- Jumat, 10 Juni 2022 | 23:32 WIB
Minyak senggeger Lombok . (Najamudin Annaji)
Minyak senggeger Lombok . (Najamudin Annaji)

LOMBOK TENGAH, NTBPOS.com - Lembaga Kajian Sosial dan Politik M16 bersama PDIP NTB secara konsisten terus melakukan ekspedisi menelusuri kebudayaan Sasak dan situs-situs bersejarah.

Kali ini, M16 bersama PDIP NTB melakukan ekspedisi untuk mengungkap dan menelisik eksistensi senggeger Lombok. Masyarakat Sasak di Lombok memiliki budaya yang turun temurun diwariskan ke generasi. Salah satunya adalah senggeger.

Senggeger merupakan minyak sejenis mantra yang dapat digunakan orang untuk mencapai keinginannya. Senggeger Lombok dibagi menjadi dua jenis. Ada senggeger aliran putih dan ada juga senggeger beraliran hitam.

Jika senggeger putih sebagai mantra sengasih-asih atau agar dicintai banyak orang, senggeger hitam berfungsi sebagai pelet untuk menaklukkan hati wanita.

Seorang pembuat senggeger asal Desa Bonder, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah, NTB, Ustad Aji mengatakan proses pembuatan senggeger menggunakan bahan-bahan yang sering ditemui di dapur, seperti merica, pala, lada, kelapa hijau, bunga tembakau, cengkeh, kunyit, jahe dan kayu manis.

Hanya saja, kata dia proses pengolahannya memiliki syarat-syarat. Seperti memetik kelapa memiliki syarat si pemetik harus dalam keadaan suci dan berwudhu.

"Kemudian kelapa itu harus dipetik di atas dan diturunkan tanpa menyentuh tanah," kata Amaq Aji, Jumat, 10 Juni 2022.

Nantinya, kata Amaq Aji kelapa akan dijadikan santan dan santan tersebut akan diolah dengan bahan dapur. Proses pengolahan dengan membaca asma atau puji lantunan ayat-ayat Alquran.

"Selain itu dalam pengolahan minyak tidak boleh lewat perempuan yang sedang datang bulan atau menstruasi," ujarnya.

Halaman:

Editor: Najamudin Annaji

Tags

Terkini

Embung Bidadari Menurut Tokoh dan Kata Pengunjung

Rabu, 3 Agustus 2022 | 12:48 WIB
X