• Senin, 8 Agustus 2022

MUI Rancang Enam Fatwa LPH SDM Sebab Krisis Iklim Akibat Krisis Moral

- Selasa, 26 Juli 2022 | 11:22 WIB
Hayun Prabowo, Ketua Lembaga Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam (LPH SDA) Majelis Ulama Indonesia (MUI)./www.ntbpos.com/ (mui.or.id)
Hayun Prabowo, Ketua Lembaga Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam (LPH SDA) Majelis Ulama Indonesia (MUI)./www.ntbpos.com/ (mui.or.id)

JAKARTA NTBPOS.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) merancang enam fatwa mengenai Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam. Sebab, saat ini telah terjadi krisis iklim disebabkan oleh krisis Moral.

Ketua Lembaga LPH SDA MUI, Hayu Prabowo menjelaskan, berdasarkan firman Allah SWT, pada Qs. Al-Rum ayat 41, yang artinya, Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).

“Ini adalah sebuah dakwah, bagaimana merubah perilaku manusia terutama bumi itu sendiri,” kata Hayu, saat menjadi narasumber dalam Konferensi Internasional Komunitas Masjid ASEAN, dilansir dari mui.or.id, Selasa, 26 Juli 2022.

Baca Juga: Wakil Presiden RI Dorong MUI Keluarkan Fatwa Penggunaan Ganja untuk Medis

Hayu Prabowo mengibaratkan bumi itu sebagai masjid, yang harus di rawat. Sebab itu, masjid dapat memainkan peran strategisnya untuk mengubah akhlak umat islam agar menekan terjadinya krisis iklim tersebut.

Hayun Prabowo mengaku, selama menjabat sebagai Ketua LPH SDA MUI telah merumuskan enam fatwa tentang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Manusia (LPH SDM).

Keenam fatwa tersebut yaitu Fatwa Nomor 4 tahun 2014 tentang Pelestarian Satwa Langka, Fatwa Nomor 47 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Sampah, Fatwa Nomor 30 Tahun 2016 Tentang Pembakaran Hutan dan Lahan.

Baca Juga: MUI Terbitkan Fatwa No 10 2022, Haramkan Vaksin Merek Covovaxmirnaty Produksi India

Kemudian, Fatwa Nomor 2 Tahun 2010 Tentang Daur Ulang Air, dan Fatwa Nomor 1 Dalam Munas MUI ke-9 Tahun 2015 Tentang Pendayagunaan Ziswaf untuk Pembangunan Sarana Air dan Sanitasi Masyarakat.

Halaman:

Editor: Suandi Yusuf

Sumber: mui.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penemuan Bansos Presiden Terkubur Disoroti DPR RI

Kamis, 4 Agustus 2022 | 20:46 WIB

DPC AWPI Terima SKK Dari Kesbangpol Asahan

Kamis, 4 Agustus 2022 | 18:25 WIB
X