• Senin, 8 Agustus 2022

Tingkatkan Kapasitas Wartawan, FJLT Gelar Pojok Jurnalis ke-6 Bertemakan Jurnalisme Rilis

- Sabtu, 23 Juli 2022 | 23:59 WIB
Acara diskusi FJLT di Pojok Jurnalis./www.ntbpos.com/ (M. Hardi Putrawan)
Acara diskusi FJLT di Pojok Jurnalis./www.ntbpos.com/ (M. Hardi Putrawan)

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com - Agenda rutin bulanan Forum Jurnalis Lombok Timur (FJLT) bertajuk Pojok Jurnalis kembali digelar untuk yang ke-6 kalinya pada Sabtu, 23 Juli 2022 di Montana Cafe House di Selong, Lombok Timur.

Pada kesempatan itu menghadirkan pembicara dari pimpinan redaksi NTBSATU.com, Haris Mahtul, Redaktur TribunLombok, Sirtupilaili, dan Sub Koordinator dokumentasi Humas Pemkab Lotim, Nur Afny Ariyanti.

Haris Mahtul mengapresiasi program pengembangan kapasitas wartawan yang digelar FJLT. Menurutnya, langkah itu sebagai upaya menyamaratakan pengetahuan jurnalis.

Baca Juga: FJLT Gelar Workshop Fotografi Jurnalistik Pariwisata Tingkat SMA

“Latar belakang masing-masing berbeda, tugas kita untuk menjadikan dia sama,“ kata dia.

Jurnalisme rilis menurutnya menjadi tantangan baru wartawan di era digital. Tantangannya adalah menjadikan rilis sebagai karya jurnalistik, karena rilis yang dikeluarkan oleh instansi bukanlah produk jurnalistik.

“Tugas kita adalah membuatnya menjadi produk jurnalistik. Harus ada kejujuran dari kita untuk mengungkap sumber dengan mencantumkan keterangan tertulis,“ ucapnya.

Sementara itu, Sirtupilaili menyebut pemerintah membangun diksi yang menguntungkan dari data yang dikeluarkan. Sebagai jurnalis seharusnya tetap mengedepankan sikap kritis dan tidak disalin mentah-mentah.

Baca Juga: Eksistensi FJLT Sangat Bergantung Pada 3 Bidang

Halaman:

Editor: Suandi Yusuf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penemuan Bansos Presiden Terkubur Disoroti DPR RI

Kamis, 4 Agustus 2022 | 20:46 WIB
X