• Senin, 8 Agustus 2022

Kisah Mistis Air Pancuran di Desa Rumbuk, Lombok Timur, Orang Datang Berobat Dibimbing Lewat Mimpi

- Jumat, 22 Juli 2022 | 07:05 WIB
Tim ekspedisi mistis saat sedang berada di Air Pancuran, Desa Rumbuk, Kecamatan Sakra, Lombok Timur, NTB./www.ntbpos.com/ (Istimewa)
Tim ekspedisi mistis saat sedang berada di Air Pancuran, Desa Rumbuk, Kecamatan Sakra, Lombok Timur, NTB./www.ntbpos.com/ (Istimewa)

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com - Lombok memiliki beragam kisah mistis yang melegenda. Selain memiliki kisah mistis, banyak juga lokasi-lokasi yang diyakini dipenuhi aura mistis dan diyakini turun temurun.

Salah satu lokasi yang menyimpan aura mistis adalah sebuah Air Pancuran Bertuah di Kampung Pancuran, Desa Rumbuk, Lombok Timur.

Lokasinya berada di Mushola Al-Kautsar. Persis di samping mushola, saban hari digunakan warga setempat untuk mandi atau mencuci. Namun di salah satu pancuran yang berada di pancuran wanita, diyakini memiliki penghuni tak kasat mata.

Sosok gaib bertubuh tinggi dan besar, diyakini menjadi penunggu pancuran. Namun uniknya, tidak menyakiti warga yang beraktivitas di pancuran.

Ada juga ular mistis yang sering muncul di balik bebatuan pancuran. Anehnya, ular itu dengan sekejap mata menghilang.

Baca Juga: Makam TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid Diresmikan Menjadi Wisata Religi

Sementara itu masyarakat kampung Pancuran meyakini yang pertama kali menemukan Pancuran Air Bertuah itu adalah  Datu Daluminda Parayuga sekitar abad 16 Masehi dan beliau dimakamkan di desa Sapit.

Tokoh masyarakat setempat, Muhammad Ali menuturkan, banyak sekali orang dari luar kampung hingga dari Sumbawa datang untuk mandi di pancuran tersebut. Tujuannya untuk berobat segala macam penyakit.

Uniknya, orang-orang yang datang berobat setelah melalui petunjuk mimpi. Mereka mimpi mandi di pancuran tersebut untuk menghilangkan penyakit atau meniatkan sesuatu.

Halaman:

Editor: Suandi Yusuf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penemuan Bansos Presiden Terkubur Disoroti DPR RI

Kamis, 4 Agustus 2022 | 20:46 WIB
X