• Senin, 8 Agustus 2022

Jemaah Haji Meninggal Mempunyai Riwayat Jantung Didominasi Pria di Bawah Usia 60 Tahun

- Rabu, 20 Juli 2022 | 13:38 WIB
Salah satu jemaah haji yang meninggal di Tanah Suci Makkah./www.ntbpos.com/ (Fin.co.id)
Salah satu jemaah haji yang meninggal di Tanah Suci Makkah./www.ntbpos.com/ (Fin.co.id)

 NTBPOS.com - Kepala Pusat Kesehatan Haji, dr. Budi Sylvana, saat melakukan pertemuan dengan Menteri Agama di Jeddah pada Sabtu, (16/7) yang lalu, menyampaikan sebanyak 58 jemaah haji Indonesia meninggal dunia yang mempunyai riwayat penyakit jantung.

Jemaah haji yang wafat didominasi jenis kelamin pria di bawah usia 60 tahun. “Yang meninggal lebih banyak pria walau jemaah lebih banyak wanita,“ kata dr. Budi, dikutip ntbpos.com dari kemkes.go.id, Rabu, 20 Juli 2022.

Dia mengungkap, yang mempengaruhi kondisi jemaah haji disebabkan tiga faktor. Pertama, ancaman suhu dan kelembaban di Arab Saudi serta aktivitas jemaah yang berlebihan.

Baca Juga: H-1 Pemulangan, Total Jemaah Haji Indonesia Wafat di Tanah Suci Sebanyak 48 Orang

Kedua adalah adanya kerentanan kesehatan jemaah haji. Dimana jemaah haji indonesia didominasi oleh jemaah haji risiko tinggi karena faktor usia dan penyakit. Bersamaan dengan kekambuhan penyakit yang di picu oleh kelelahan dan kondisi fisik menurun.

Dan ketiga, kapasitas tenaga kesehatan, dimana antisipasi dan respon petugas kesehatan terhadap permasalahan kesehatan jemaah.

“Dengan berbagai cara, angka kematian bisa kita kendalikan, walaupun jemaah lansia, walaupun jemaah punya komorbid, tapi bisa kita kendalikan,“ ujarnya.

Baca Juga: Sebanyak 41 Jemaah Haji Indonesia Meninggal Sejak Awal Pemberangkatan Hingga Fase Armuzna

Penekanan jumlah kematian jemaah haji tidak lepas dari penguatan promosi kesehatan dilakukan tim. Seperti kampanye jangan tunggu haus, penggunaan alat pelindung dan minum obat teratur.

Halaman:

Editor: Suandi Yusuf

Sumber: Kemkes.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penemuan Bansos Presiden Terkubur Disoroti DPR RI

Kamis, 4 Agustus 2022 | 20:46 WIB

DPC AWPI Terima SKK Dari Kesbangpol Asahan

Kamis, 4 Agustus 2022 | 18:25 WIB
X