• Senin, 8 Agustus 2022

Pencairan DD Tahun 2022 Tahap Kedua di 18 Desa Masih Mengalami Pendundaan

- Selasa, 19 Juli 2022 | 10:57 WIB
Hj. Martaniati, Kepala Bidang Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Desa (BPKKD), Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (PMD) Lombok Timur./www.ntbpos.com/ (Unrara Angan)
Hj. Martaniati, Kepala Bidang Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Desa (BPKKD), Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (PMD) Lombok Timur./www.ntbpos.com/ (Unrara Angan)

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com - Sebanyak 18 Desa di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) masih mengalami penundaan pencairan Dana Desa (DD) tahun 2022 tahap ke II, karena laporan penggunaan anggaran pada tahun 2021 belum terbaca di Aplikasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OM-SPAN).

Penyebab tidak terbacanya di Aplikasi OM- SPAN karena adanya Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) belum dipergunakan pada tahun 2021 berdasarkan rencana pengalokasian DD.

“Jika ada Silpa, dengan sendirinya DD tahap kedua terpotong juga,“ kata Hj. Martaniati, Kepala Bidang Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Desa (BPKKD), Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Lotim, Selasa, 19 Juni 2022.

Baca Juga: DPMD Lombok Timur Siap Dukung Desa Digital Berbasis Website

Selain itu, pelaporan Pemerintah Desa (Pemdes) tidak berdasarkan pengalokasian anggaran yang sudah direncanakan. “Ini menyebabkan keterlambatan/tertundanya pencairan DD tahap ke II di tahun 2022,“ tandasnya.

Sementara syarat pencairan DD tahap II agar tepat waktu, lanjut Martaniati, tentunya dengan laporan administrasi berdasarkan perencanaan pengalokasian penggunaan anggaran tahun 2021.

Untuk mendorong Desa-desa terkait  laporannya masih bermasalah, TIM DPMD melakukan pembinaan, baik ke kecamatan langsung dan Pemdes datang langsung ke Dinas PMD.

Baca Juga: Tahun 2021, Inspektorat Lotim Tangani 10 Kasus Penyalahgunaan Dana Desa

“Sejak bulan Maret 2022, kita turun melakukan pendampingan menyusun laporannya,“ imbuhnya. np

Halaman:

Editor: Suandi Yusuf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tangani Sampah, DLH Lotim Buat Trobosan Baru

Kamis, 7 Juli 2022 | 21:40 WIB
X