• Senin, 8 Agustus 2022

Empat Jenis Perilaku Bullying Yang Mempengaruhi Kesehatan Mental

- Selasa, 19 Juli 2022 | 00:07 WIB
dr. Lahargo Kembaren, Sp.KJ./www.ntbpos.com/ (hellosehat.com)
dr. Lahargo Kembaren, Sp.KJ./www.ntbpos.com/ (hellosehat.com)

NTBPOS.com - Bullying atau penindasan merupakan tindakan kekerasan yang menggaggu orang lain secara fisik verbal atau emosional.  Bullying ini sering terjadi di sekolah, perkantoran dan dapat ditemui di tempat-tempat interaksi manusia.

Dampak bullying pada korban, beresiko terhadap kesehatan mentalnya. Selain korban, pelaku bullying pun disebut memiliki latar belakang psikis tersendiri.

“Sebab itu, penting mengetahui jenis bullying dan dampaknya pada kesehatan mental,“ kata dr. Lahargo Kembaren, di kutip ntbpos.com dari cahanel youtube VIVY Health, Senin, 18 Juli 2022.

Baca Juga: Dr. Pathurrahman : Makanan Sehat Itu Tidak Harus Mahal Untuk Menghindari Stunting

Sering kali, bullying dilakukan oleh seseorang kepada orang lain (korban) tujuannya untuk menyakiti. Sehingga, korban bullying memiliki perasaan negatif dapat merusak kesehatan mentalnya.

dr. Lahargo menyebut, ada empat jenis bullying yang pertama, bullying secara verbal, lebih ke kata-kata kotor bersifat negatif.

Kedua, bullying secara fisik, sikap yang tidak menyenangkan seperti di pukul, ditendang, di dorong dan dicubit. Selanjutnya, bullying secara rasional, salah satu contoh, korban tidak dimasukkan ke dalam kelompok atau diabaikan sehingga menyendiri.

Baca Juga: Dinas Kesehatan Lombok Timur Cegah Resiko Stunting Melalui Intervensi Gizi Spesifik dan Sensitif

Kemudian terakhir, cyber bullying sering di lakukan di media sosial atau internet. Dengan memberikan kata-kata negatif, misalnya memberikan respon-respon yang tidak menyenangkan.

Halaman:

Editor: Suandi Yusuf

Sumber: Youtube VIVY Health

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X