• Senin, 8 Agustus 2022

Berjalan Sesuai Rencana, Lebih Dari 140 Ribu Satuan Pendidikan Menerapkan Kurikulum Merdeka

- Sabtu, 16 Juli 2022 | 12:22 WIB
Nadiem Anwar Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek)./www.ntbpos.com/ (Istimewa)
Nadiem Anwar Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek)./www.ntbpos.com/ (Istimewa)

JAKARTA, NTBPOS.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim melalui Kepala Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Anindito Aditomo, kembali menegaskan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka tetap berjalan sesuai rencana.

Hal itu tertuang dalam Siaran Pers
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang dikutip pada laman resmi kurikulum.kemdikbud.go.id

Berdasarkan SK Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) pada tanggal 12 Juli 2022, sudah menetapkan lebih dari 140 ribu satuan pendidikan yang menerapkan Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran 2022/2023.

Baca Juga: Program Merdeka Belajar, Universitas Hamzanwadi Gandeng Diskop dan UKM NTB

Dijelaskannya, mulai tahun ajaran 2022/2023 ini, Kurikulum Merdeka dapat dipilih secara sukarela oleh satuan pendidikan karena tidak ada pembatalan implementasi Kurikulum Merdeka.

“SK tersebut merevisi SK sebelumnya karena terdapat perubahan beberapa satuan pendidikan yang melakukan refleksi dan mengubah level implementasinya, misalnya dari level mandiri belajar ke mandiri berubah atau sebaliknya,” papar Anindito, Jum'at, 15 Juli 2022.

Oleh sebab itu, Kemendikbudristek mendorong satuan pendidikan untuk menerapkan Kurikulum Merdeka sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kesiapan masing-masing satuan pendidikan.

Baca Juga: Universitas Hamzanwadi Gelar Seminar Pendidikan Inklusi

“Kurikulum Merdeka dirancang untuk memberi fleksibilitas bagi satuan pendidikan untuk membuat kurikulum operasional satuan pendidikan yang kontekstual, agar pembelajaran yang diterapkan sesuai dengan kebutuhan belajar murid,” katanya.

Halaman:

Editor: Suandi Yusuf

Sumber: kurikulum.kemdikbud.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penemuan Bansos Presiden Terkubur Disoroti DPR RI

Kamis, 4 Agustus 2022 | 20:46 WIB

DPC AWPI Terima SKK Dari Kesbangpol Asahan

Kamis, 4 Agustus 2022 | 18:25 WIB
X