• Senin, 8 Agustus 2022

Harlah Koperasi Nasional 2022, Puan Berharap Koperasi di Indonesia Tetap Eksis

- Kamis, 14 Juli 2022 | 17:26 WIB
Puan Maharani, Ketua DPR RI./www.ntbpos.com/ (dpr.go.id)
Puan Maharani, Ketua DPR RI./www.ntbpos.com/ (dpr.go.id)

NTBPOS.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI), Puan Maharani berharap kehadiran Koperasi bisa meningkatkan pergerakan Perekonomian Nasional dan mendorong agar Koperasi mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

“Koperasi oleh para pendiri bangsa kita dirancang sebagai tiang penyangga utama (sokoguru) perekonomian nasional. Saya berharap agar koperasi Indonesia tidak boleh tertinggal kereta kemajuan zaman,” kata Puan yang hadir secara virtual dalam Puncak Acara Hari Koperasi ke-75 yang diselenggarakan oleh Dewan Koperasi Indonesia di Denpasar, Bali, Kamis, 14 Juli 2022, dikutip ntbpos.com dari situs dpr.go.id.

Menurutnya, koperasi menjadi usaha bersama untuk mewujudkan kemakmuran bersama. Koperasi, tumbuh dari gerakan kebangsaan sesuai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan dari budaya Indonesia itu sendiri.

Baca Juga: Komisi III DPR RI Pertimbangkan Minta Ganja Dikeluarkan dari Daftar Narkotik Golongan 1

“Koperasi tumbuh di atas kejujuran, kesukarelaan, tolong menolong dan gotong royong. Koperasi mendidik kita untuk percaya pada kekuatan sendiri, kekuatan untuk menempa ekonomi rakyat yang lemah menjadi kuat,” tambah Puan.

Pada peringatan Hari Koprasi Nasional yang bertema 'Transformasi Koperasi Untuk Ekonomi Berkelanjutan’, melihat makna dari tema tersebut, Puan mengatakan kehadiran Koperasi pada zaman modern ini tentu harus sejalan dengan perkembangan ekonomi yang cukup pesat, dan kebutuhan masyarakat yang cukup kompleks dalam bidang ekonomi.

“Dulu perkembangan ekonomi banyak yang berbasis pada sumber daya alam. Kemudian kita melihat pesatnya perkembangan ekonomi digital seperti berbagai startup yang menjadi kantong baru pertumbuhan. Lalu sekarang pun ekonomi digital juga sedang mengalami penyesuaian dan dunia seperti sedang menanti bentuk ekonomi yang berikutnya akan seperti apa,” tandasnya.

Baca Juga: Komisi V DPR RI Dorong Bendungan Mujur Jadi Proyek Strategis Nasional

Mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) itu mengatakan, Koperasi harus menjadi lokomotif kemajuan ekonomi bangsa agar tidak ketinggalan kereta kemajuan zaman. Terlebih, jumlah koperasi di Indonesia selalu meningkat setiap tahunnya dengan jumlah totalnya per tahun 2021 mencapai 127.846 (data BPS).

Halaman:

Editor: Suandi Yusuf

Sumber: dpr.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penemuan Bansos Presiden Terkubur Disoroti DPR RI

Kamis, 4 Agustus 2022 | 20:46 WIB

DPC AWPI Terima SKK Dari Kesbangpol Asahan

Kamis, 4 Agustus 2022 | 18:25 WIB
X