• Rabu, 10 Agustus 2022

OPD Lingkup Pemkab Lombok Timur Masih Abaikan SP4N-LAPOR

- Selasa, 12 Juli 2022 | 20:37 WIB
Dr. Fauzan, Kepala Dinas  Komunikasi Informatimasi dan Persandian  Lotim (photo : Unrara Angan )
Dr. Fauzan, Kepala Dinas Komunikasi Informatimasi dan Persandian Lotim (photo : Unrara Angan )

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com --Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) adalah Aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional menggunakan aplikasi LAPOR secara online atau dikenal dengan SP4N-LAPOR .

SP4N-LAPOR dikelola oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi(Kemenpan RB) bekerjasama dengan Kantor Staf Presiden dan Ombudsman Republik Indonesia (RI).

SP4N-LAPOR ini terintegrasi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. Apapun bentuk pengaduan masyarakat masuk pada sistem tersebut akan di teruskan ke Kabupaten/kota masing-masing daerah.

Baca Juga: Ikhtiar Percepatan Transformasi Digital di NTB, Kadis Kominfotik Teken MoU

Khususnya di Kabupaten Lombok Timur (Lotim), Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian(Diskominfo) Lotim menerima 200-san pengaduan masyarakat yang dikirim oleh admin pusat. Pengaduan tersebut diteruskan ke masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Sudah 200-san laporan kami terima, dan langsung diteruskan admin ke OPD" Kata Dr. Fauzan, Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi Informatima dan Persandian ( Kominfo) Lotim, Selasa, 12 Juli 2022.

Tetapi dia menyayangkan, OPD nampak mengabaikan pengaduan masyarakat yang sudah dikirim admin Kominfo melalui sistem SP4N-LAPOR.

"Sebagian besar tidak merespon,"ungkapnya.

Baca Juga: NTB Sambut Baik Migrasi TV Analog ke TV Digital

Dia mengaku, masing-masing admin OPD kerap kali diberikan pelatihan mengenai cara penggunaan SP4N-LAPOR. Upaya lain ialah mensosialisasikan ke OPD door to door (pintu ke pintu).

Halaman:

Editor: Acep Suherlan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X