• Senin, 8 Agustus 2022

Disnakertrans Himbau CPMI Tidak Percaya Tekong

- Selasa, 12 Juli 2022 | 17:02 WIB
Bambang Dwi Minardi, Pejabat Pengantar Ahli Muda Diisnakertrans Lotim (Photo : unrara Angan)
Bambang Dwi Minardi, Pejabat Pengantar Ahli Muda Diisnakertrans Lotim (Photo : unrara Angan)

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com -Maraknya kasus penipuan dan tindak penjualan Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI), Pemerintah pusat menunjuk Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) daerah sebagai pihak pemberi informasi resmi penempatan tenaga kerja ke luar negeri.

Langkah ini diambil untuk menghindari terjadinya kasus penipuan terhadap calon pekerja migran, dan penjualan orang. "Terkait informasi penempatan kerja di beberapa negara, Masyarakat jangan percaya pada Tekong atau sejenisnya ", kata Bambang Dwi Minardi, Pejabat Pengantar Ahli Muda (PPKAM) Disnakertrans Lombok Timur , Selasa, 12 Junin 2022.

Baca Juga: Minimalisir CPMI Ilegal, Disnakertrans Lotim Umumkan Negara Tujuan Penempatan

Bagi calon pekerja migran, senbaiknya mendatangi langsung Disnakertrans setempat untuk mendapatkan informasi lengkap, baik negara tujuan maupun sektor pekerjaan yang dibutuhkan.

Dia jelaskannya, Negara Malaysia dan Taiwan, pasca Covid-19, telah membuka peluang bagi CPMI ingin bekerja keluar negeri dengan menggratiskan administrasi pemberangkatan. "Pasca pandemi, kita sudah memberangkatkan 1. 366 orang dengan tujuan Malaysia," ujarnya.

Baca Juga: Ada Indikasi Penipuan 6 CPMI, Disnakertrans Lotim Turun Tangan

Bagi sektor rumah tangga dan ladang, calon pekerja tidak dipungut biaya. Sedangkan bagi CPMI laki-laki, biaya administrasi ditalangi pemerintah daerah. Setelah mereka bekerja, nantinya biaya akan diganti oleh user. "Untuk tujuan Malaysia, administarinya kisaran Rp 3 Juta," imbuhnya.

Editor: Acep Suherlan

Tags

Terkini

Penemuan Bansos Presiden Terkubur Disoroti DPR RI

Kamis, 4 Agustus 2022 | 20:46 WIB
X