• Senin, 8 Agustus 2022

Muhammadiyah Rayakan Iduladha, Sabtu 9 Juli 2022, Bupati Lombok Timur : Mari Kita Saling Menghargai

- Sabtu, 9 Juli 2022 | 12:28 WIB
Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy . (Foto : Najamudin Annaji / Dok. Pribadi )
Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy . (Foto : Najamudin Annaji / Dok. Pribadi )

NTBPOS.com - Tahun ini di Indonesia penyelenggaraan Hari Raya Iduladha 1443 H/2022 M terdiri atas dua versi.

Pemerintah telah memutuskan Hari Raya Iduladha jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022, sedangkan ormas Muhammadiyah melalui Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 telah menetapkan Iduladha 2022, berdasarkan perhitungan hisab jatuh pada Sabtu, 9 Juli 2022.

Pimpinan Cabang ( PC ) Muhammadiyah Desa Teros, kecamatan Labuhan Haji, Lombok Timur, Samsirudin mengatakan perbedaan dalam hal perayaan hari besar Islam, khususnya di Desa Teros, merupakan hal biasa, karena tidak hanya saat ini saja namun sebelumnya juga pernah terjadi perbedaan dalam pelaksanaannya.

Baca Juga: Bupati Lombok Timur Motivasi Masyarakat Membangun Madrasah

“Perbedaan itu menjadi hal biasa bagi kami, namun ini menjadi wujud dari keberagaman kita dalam bermasyarakat dan bernegara. Meskipun begitu, situasi tetap berjalan kondusif,” katanya, usai salat Ied.

Sebelumya, Bupati Lombok Timur, H. M. Sukiman Azmy, mengimbau masyarakat agar perbedaan pelaksanaan Iduladha tahun ini, jangan sampai menimbulkan konflik.

"Artinya yang melaksanakan tanggal 9 jangan mengklaim dirinya yang terbaik yang sah dan tidak mengesahkan yang tanggal 10 begitu sebaliknya," kata Bupati Sukiman Azmy dalam pidatonya saat paripurna tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021di gedung DPRD Lombok Timur, Senin, 04 Juli 2022 lalu.

Baca Juga: Bupati Lotim Ingatkan Semua Pimpinan OPD Perhatikan Kebutuhan Masyarakat

Potensi perbedaan itu, kata Sukiman Azmy telah terjadi sejak dahulu. Karena itu, kata dia semua pihak tidak besar-besarkan soal perbedaan. Kita harus saling menghargai agar daerah kita ini tetap kondusif.

"Mari kita jaga kondusifitas daerah, kita harus saling menghargai satu sama lain, perbedaan adalah rahmat dari Allah Swt ", pungkasnya. np

Halaman:

Editor: Najamudin Annaji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penemuan Bansos Presiden Terkubur Disoroti DPR RI

Kamis, 4 Agustus 2022 | 20:46 WIB
X