• Senin, 8 Agustus 2022

BPN Lotim Mengaku Tak Berani Gegabah Batalkan SHM 704, Surat Perintah Pembatalan dari Kejari Diabaikan?

- Jumat, 8 Juli 2022 | 18:35 WIB
Kantor Pertanahan Kabupaten Lombok Timur./www.ntbpos.com/ (Istimewa)
Kantor Pertanahan Kabupaten Lombok Timur./www.ntbpos.com/ (Istimewa)

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com - Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Lombok Timur, H. Harun mengatakan pihaknya tidak berani gegabah dalam membatalkan sertipikat hak milik (SHM) 704, yang ada di kawasan hutan lindung Sekaroh, Kecamatan Jerowaru.

Melalui sambungan telepon, Kamis (7/7) kemarin, Harun mengatakan, dalam kasus normal saja pihaknya harus mengetahui jelas alasan usulan pembatalan. Sesuai ketentuan yang berlaku, ada mekanisme pembatalan yang harus dilewati sehingga keputusan pembatalan tidak salah secara hukum.

Pertama harus diawali dengan permohonan pembatalan. Setelah itu BPN meninjau lokasi tanah, kemudian diteruskan ke Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi.

Baca Juga: Kejari Lotim Batalkan Sertifikat Hutan Sekaroh

Kanwil juga melakukan cek langsung kondisi lapangan untuk selanjutnya melakukan analisa. Diperlukan juga proses singkronisasi data antara fakta dengan lapangan. Termasuk singkronisasi dengan amar putusan pengadilan.

Dengan dasar itulah, sambungnya, baru kemudian digelar perkara membahas bersama di Kanwil dengan menghadirkan kepala BPN tingkat Kabupaten. Setelah semua proses itu dilalui, baru kemudian Kanwil memerintahkan BPN di Kabupaten melakukan penarikan sertipikat.

“Intinya, untuk kasus SHM 704 Sekaroh ini masih dalam proses,“ kata dia.

Normalnya, penarikan sertipikat membutuhkan waktu satu bulan. Sedangkan dalam kasus SHM 704 ada dua putusan yang membingungkan BPN.

Baca Juga: SHM 704 Belum Dibatalkan ATR/BPN Lombok Timur, Siapa di Belakangnya?

Halaman:

Editor: Suandi Yusuf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kejari Lotim Batalkan Sertifikat Hutan Sekaroh

Kamis, 7 Juli 2022 | 19:05 WIB

Beli Sabu, Dua Sahabat Karib Diringkus Polisi

Minggu, 8 November 2020 | 12:50 WIB

Kapolres KSB Akan Copot Anggota yang Terlibat Narkoba

Selasa, 3 November 2020 | 08:42 WIB
X