• Rabu, 10 Agustus 2022

Tangani Sampah, DLH Lotim Buat Trobosan Baru

- Kamis, 7 Juli 2022 | 21:40 WIB
dr. Hasbi Santoso Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Timur . (Photo : Unra)
dr. Hasbi Santoso Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Timur . (Photo : Unra)

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com -- Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Lombok Timur (DLH Lotim) membuat trobosan baru menangani sampah khusunya di kota Selong.

Melirik kota-kota besar, dimana petugas kebersihan mulai bekerja membersihkan jalan sebelum subuh. Tujuannya agar tidak mengganggu pengguna jalan dan diwaktu aktivitas masyarakat terasa nyaman tidak ada yang mengganggu.

Untuk itu, DLH Lotim termotivasi untuk menerapkan sistem tersebut. Demikian dikatakan Kepala DLH Lotim, dr. H. Hasbi santoso, di ruang kerjanya, Kamis, 7 Juni 2022.

Baca Juga: Jalan Kota Selong Tergenang, Bupati Lotim Periksa Drainase Tersumbat Sampah

Sebagai contoh uji coba pola pengangkutan sampah yang akan di ubah mulai dari kota Selong, biasanya truk pengangkut sampah keliling pukul 07.00 Wita, akan dijadwalkan lebih pagi pukul 05.00 Wita.

Begitu juga dengan petugas kebersihan. Mengingat jumlah petugas penyapu jalan jumlahnya sangat minim, akan di bagi menjadi dua shift. Shif pertama usai sholat isha dan shift kedua sewaktu subuh.

Baca Juga: Tumpukan Sampah di Pinggir Jalan Batuyang Merusak Pemandangan

"Tujuan kita melakukan perubahan, agar tidak mengganggu aktivitas pengguna jalan saat pergi bekerja, dan memberi kenyamanan kepada masyarakat, " Ungkapnya.

Pola baru yang akan diterapkan ini tidak lepas dari dukungan dan kesadaran masyarakat, khusunya di kota selong. "Kita coba pola baru ini di kota Selong," ujarnya.

Untuk itu, pihaknya berupaya mensosialisasikan ke masyarakat mulai dari tingkat Polsek, Koramil dan Kecamatan serta Desa/Lurah.

Halaman:

Editor: Acep Suherlan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X