• Senin, 8 Agustus 2022

Kejari Lotim Batalkan Sertifikat Hutan Sekaroh

- Kamis, 7 Juli 2022 | 19:05 WIB
Plang Kawasan Hutan Sekaroh  (Photo : Unra)
Plang Kawasan Hutan Sekaroh (Photo : Unra)

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com -- Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasipidsus) Kejaksaan Negeri Lombok Timur M. Isa Ansyori, menegaskan, Sertifikat Hak Milik (SHM) nomor 704 di kawasan hutan lindung Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, harus dibatalkan.

Pembatalan ini berdasarkan putusan ingkrah Pengadilan Negeri (PN) Selong, terhadap perkara tindak pidana korupsi penerbitan sertifikat di kawasan hutan lindung Sekaroh.

Atas putusan ini, Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN) Lotim seharusnya sudah melaksanakan esekusi pembatalan seluruh sertifikat.

Baca Juga: Tinjau Lahan PT ESL, Pemkab Lotim Minta Warga Lepas Lahan Hutan Sekaroh

Menurut Isa Ansyori, Kejari Selong telah mengeluarkan surat perintah pelaksanaan putusan pengadilan nomor Print-399/P. 2.12/Fu.1/05/2019, tanggal 20 Mei 2019, untuk dilakukan pembatalan 29 persil sertifikat, termasuk didalamnya SHM no 704 yang hingga kini belum dibatalkan. "Sebelumnya ada 28 sertifikat telah dibatalkan," ujarnya.

Kata dia, yang namanya putusan pidana sudah di eksekusi, bisa mengambil sikap atas dasar keputusan yang yang sudah ingkrah. Kalaupun ada pihak keberatan, silahkan melakukan upaya hukum lagi, tegas Isa, Kamis (7/6/2022).

Dia menjelaskan, perkara sertifikat di atas kawasan hutan lindung sekaroh sudah lama bergulir. Pihaknya juga sudah bersurat ke ATR/BPN Lotim. Informasinya, BPN Lotim bersurat lagi ke Kanwil untuk meminta petunjuk permasalah tersebut.

Baca Juga: SHM 704 Belum Dibatalkan ATR/BPN Lombok Timur, Siapa di Belakangnya?

Menurutnya, ada dua posisi di kasus SHM itu, yang pertama, perkara tindak pidana korupsi. Kedua, posisi perdatun artinya perkara perdata dan tata usaha negara diketahui dipegang oleh pemilik SHM.

Putusan Tipikor dan Tata Usaha Negara (TUN) sama-sama merupakan putusan yang ingkrah. Kedua putusan itu sama-sama tinggi, namun bisa dibatalkan oleh putusan lebih tinggi.

Halaman:

Editor: Acep Suherlan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kejari Lotim Batalkan Sertifikat Hutan Sekaroh

Kamis, 7 Juli 2022 | 19:05 WIB

Beli Sabu, Dua Sahabat Karib Diringkus Polisi

Minggu, 8 November 2020 | 12:50 WIB

Kapolres KSB Akan Copot Anggota yang Terlibat Narkoba

Selasa, 3 November 2020 | 08:42 WIB
X