Meningkat Signifikan, Dewan Soroti Kualitas SDM RSUD Selong

- Senin, 14 Maret 2022 | 21:09 WIB
H. L Rahman
H. L Rahman

-
L. Hasan Rahman, Ketua Komisi III DPRD Lombok Timur./ Foto : Unra/www.ntbpos.com

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) Soroti kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) RSUD dr. R Soedjono Selong yang semakin hari semakin bertambah.

Penambahan SDM diduga dilakukan untuk memenuhi pelayanan terhadap pasien Covid-19, tanpa memperhitungkan kualitasnya. Hal itu dikatakan L. Hasan Rahman, Ketua Komisi III, DPRD Lotim, Senin, 14 Maret 2022.

Selanjutnya, ia mengungkap, pada saat wabah Covid-19, keuntungan yang didapat RSUD Selong meningkat signifikan. Masa covid-19 sudah tidak ada lagi saat ini, otomatis tarif yang dinaikkan.

Ujung-ujungnya akan dibebankan kepada biaya berobat masyarakat untuk menutupi gaji karyawannya, tanpa meningkatkan pelayanan.

Salah satu contoh, Hasan, orang tua salah satu dewan di Lotim, dirawat di RSUD Selong dengan kelas pelayanan VIP. Sehari menginap tanpa diberikan pelayanan medis, membayar sebanyak Rp. 2.850.000.

“Kan tidak masuk akal, bagaimana kalau terjadi kepada masyarakat biasa,“ ucapnya.

Lebih lanjut, dirinya menduga, ada intervensi Pemerintah Daerah dalam penambahan SDM dengan cara menitipkan. Semestinya, BLUD RSUD Selong memiliki kapasitas menentukan jumlah kualitas SDM yang dibutuhkan sesuai kondisi keuangan.

Seperti ia temukan akhir-akhir ini, ada ketimpangan soal keuangan di gedung pelayanan kesehatan masyarakat itu. “Saya temukan kondisi keuangan rumah sakit ini tidak beres,“ ujarnya.

Dengan demikian, pemaksaan penambahan SDM dengan cara titipan, menurutnya akan menjadi beban rumah sakit. Jaminan kesejahteraan Karyawan, Perawat, Bidan dan dokter bisa jadi tidak terpenuhi. Berpengaruh juga pada persediaan obat, alat kesehatan dan fasilitas lainnya.

Halaman:

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

Gempa Masal Tenaga Honorer Pada November 2023

Kamis, 29 September 2022 | 15:16 WIB

Mendagri Serahkan KTP-el dan KK kepada WNI di Jepang

Selasa, 27 September 2022 | 21:41 WIB

Universitas Hamzanwadi Tanda Tangani MoU dengan ADLPTI

Selasa, 27 September 2022 | 20:18 WIB
X