Petani Lotim Sudah Bisa Menebus Pupuk Subsidi MT 1 2022 di Pengecer

- Senin, 3 Januari 2022 | 22:42 WIB
toko pupuk
toko pupuk

-
Salah satu toko pupuk di wilayah Kecamatan Keruak./ Foto : Hardi/www.ntbpos.com

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com - Keresahan petani di Lombok Timur akan kelangkaan pupuk sudah terjawab. Setelah menunggu proses perampungan administrasi, pupuk subsidi untuk Musim Tanam (MT) 1 tahun 2022, kini sudah bisa ditebus di pengecer.

Salah satu pengecer resmi yakni UD Serbaguna Desa Setungkeplingsar Kecamatan Keruak, yang didatangi awak media ntbpos.com melihat langsung proses penebusan pupuk subsidi itu pada Senin, 3 Januari 2022.

Beberapa Ketua Kelompok tani yang kelompoknya masuk ke UD Serbaguna datang langsung melakukan penebusan.

Pemilik UD Serbaguna, Mujahidin mengatakan, proses penebusan sudah dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku. Dimana pupuk yang ditebus harus sesuai dengan jatah masing-masing petani yang tertera di Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Tani (RDKK).

“Harganya sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang sudah tertera di aturan. Ndak berani kami menaikkan harga dan itu langsung kami antarkan ke rumah ketua kelompok taninya,“ katanya ketika ditemui di kiosnya di Desa Setungkeplingsar.

Dijelaskannya, untuk penebusan sendiri, petani bisa melalui ketua kelompok taninya dan bisa juga langsung nebus sendiri di pengecer. Namun syaratnya harus menyerahkan foto copy KTP dan atas pengetahuan dari ketua kelompok tani yang bersangkutan.

“Tapi karena pendistribusian pupuk ini bertahap, kami juga sebisanya mengatur penebusan ke petani. Selain jatahnya tidak bisa dipenuhi semuanya, kami juga memprioritaskan petani yang benar-benar butuh dulu,“ imbuhnya.

Karena jatah pupuk subsidi yang dialokasikan ke petani tidak mencukupi kebutuhan, dirinya menyarankan untuk membeli pupuk yang non subsidi untuk memenuhi kekurangan itu. Tapi untuk pembelian yang non subsidi bisa dibeli dimana saja, tidak mesti di kios miliknya.

Terpisah, Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Dinas Pertanian Lotim, Lalu Kasturi yang dihubungi via WhatsApp menjelaskan, pendistribusian dan penebusan pupuk subsidi itu direalisasikan setelah Surat Keputusan (SK) dari Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Timur keluar sejak tanggal 22 Desember 2021.

Halaman:

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

X