• Rabu, 10 Agustus 2022

Pemda Lotim Siap Kembalikan 120 Hektare Lahan Untuk Petani Penggarap

- Jumat, 17 Desember 2021 | 15:13 WIB
petanii
petanii

-
H. M. Juaini Taofik, Sekretaris Daerah Lombok Timur. / Foto : Suandi/www.ntbpos.com

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com - Lahan seluas 120 hektare yang dikembalikan oleh PT Sembalun Kesuma Emas (SKE) kepada Pemda Lotim, akan dikembalikan lagi kepada ratusan petani penggarap Sembalun.

Meski demikian, sebagian petani penggarap lahan PT SKE di Kecamatan Sembalun, masih bertahan dan menolak direlokasi ke lahan yang sudah disediakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur (Lotim).

I'tikad baik Pemda Lotim tersebut di tolak sebagian petani penggarap dengan alasan lahan tersebut sudah di garap oleh masyarakat sesama petani sembalun. Selain itu, lahan seluas 120 hektare dianggap tidak mencukupi jika di bagi rata.

“Tidak mungkin kita membagi lagi lahan yang memang sudah di garap oleh saudara kita, bahkan tidak masuk akal jika dibagi rata,“ tutur Afifudin, salah satu petani penggarap yang ditemui Wartawan NTBPOS di lahan garapannya, Rabu, 15 Desember 2021 kemarin.

Lebih lanjut, dirinya bersama petani penggarap lainnya akan pindah jika disediakan lahan kosong oleh Pemda Lotim.

Menurutnya, Pemda Lotim, dalam hal ini Bupati , H. Sukiman Azmy berjanji akan memberikan ganti rugi seluas 25 are per KK dan lengkap dengan sertifikat.

“Kami akan pindah jika sudah jelas lahan kosong sebagai ganti lahan kami. Mana janji pak Bupati akan memberikan kami 25 are dan sertifikat,“ ujarnya.

Ia juga berharap, Bupati Lotim turun ke lokasi sengketa untuk memastikan data jumlah petani penggarap yang sesungguhnya.

Sementara itu, Pemda Lotim melalui Sekertaris Daerah, H. M. Juaini Taofik mengatakan, lahan yang diberikan kepada petani penggarap itu sudah pasti.

Halaman:

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

X