• Rabu, 10 Agustus 2022

Sebanyak 12 Desa di Kecamatan Sakra Deklarasi ODF Menuju STBM 5 Pilar

- Kamis, 16 Desember 2021 | 13:50 WIB
deklarasi_
deklarasi_

-
Deklarasi Open Defecation Free (ODF) di Aula Kantor Camat Sakra./ Foto : Hardi/www.ntbpos.com

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com - Satuan Kelompok Kerja (Pokja) Open Defecation Free (ODF) atau Bebas Buang Air Besar Sembarangan melakukan Deklarasi di Kantor Camat Sakra, Kamis 16 Desember 2021.

Deklarasi tersebut ditujukan untuk mencapai Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) 5 Pilar. Sebanyak 12 desa yang ada di Kecamatan Sakra mendeklarasikan diri atas nama masyarakat untuk berkomitmen menuntaskan pilar satu dari Lima pilar STBM yakni bebas buang air besar sembarangan.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Kabupaten yang juga sebagai Kabid Pemerintahan dan Pembangunan Manusia (P2M) Bappeda Lotim, Khairul Fathi mengatakan, Deklarasi ODF di Kecamatan Sakra adalah deklarasi yang ke 9 dari semua Kecamatan yang tergolong ODF di Kabupaten Lombok Timur.

“Beberapa Kecamatan sudah mengundang untuk mengadakan deklarasi serupa, kami tinggal kunjungi saja. Setelah ini kami akan deklarasi di tingkat kabupaten,“ katanya.

Untuk menyukseskan deklarasi ODF tersebut, Pokja akan bersinergi dengan dinas-dinas terkait, yakni Dinas Kesehatan dan Dinas Perumahan dan permukiman (Perkim).

“Sasarannya itu bukan mewajibkan punya jamban masing-masing, tapi kesadaran untuk tidak buang air besar sembarangan. Tapi kesadaran itu kan tidak ada artinya kalau tidak dibarengi dengan infrastruktur di bawah, apalagi untuk masyarakat yang tidak mampu. Makanya tugas Perkim itu yang menangani bantuan untuk jamban masyarakat,“ ujarnya.

Dari 5 pilar STBM yang mau dituju, deklarasi tersebut untuk mewujudkan pilar ke satu itu yakni ODF atau Bebas Buang Air Besar Sembarangan. Adapun 4 pilar lainnya adalah mencuci tangan menggunakan sabun, mengolah makanan dan minuman secara sehat, penanganan dan pengolahan sampah, dan terakhir pengolahan limbah cair.

“Insyaallah di Lombok Timur kita targetkan tahun ini bisa mencapai 3 pilar itu,“ tutupnya. np

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

X