• Rabu, 10 Agustus 2022

Tidak Hanya di Selatan, Kekurangan Air Juga Dirasakan Warga Desa Kabar

- Minggu, 17 Oktober 2021 | 21:51 WIB
pdam-02-01
pdam-02-01

-
Marzoan, Kepala Desa Kabar, Kecamatan Sakra. / Foto : Istimewa/www.ntbpos.com

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com - Masyarakat Desa Kabar Kecamatan Sakra mengeluhkan ketersediaan air bersih, meskipun sudah ditopang dengan sumur bor, akan tetapi  belum bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat.

Kepala Desa Kabar, Marzoan mengatakan, setiap bulan Oktober,  Desa Kabar selalu dihadapkan dengan persoalan air, hal tersebut lantaran PDAM tidak mampu melayani pelanggan yang sudah ada, sehingga pelanggan PDAM beralih menggunakan sumur bor yang disediakan Pemerintah Desa.

“Jadi setiap bulan Oktober kami selalu krisis air,“ katanya, Minggu, 17 Oktober 2021.

Marzoan menambahkan, tahun 2022 nanti pihaknya merencanakan akan menambah sumur bor agar pasokan air untuk setiap wilayah terpenuhi, mengingat satu Sumur Bor hanya mampu melayani 50 pelanggan.

Langkah tersebut sebagai salah satu upaya Pemerintah Desa guna menjamin ketersediaan air bersih.

“Kedepan kami akan kembali membangun sumur bor, dikarenakan 1 sumur hanya mampu melayani 50 pelanggan,“ jelasnya

Masih kata dia, ketersediaan air bersih tidak serta merta selalu ada setiap saat tanpa adanya peran masyarakat, sehingga dirinya meminta kepada masyarakat untuk lebih taat ketika membayar iuran, terlebih untuk biaya listrik mesin sumur tersebut Pemdes selalu kesulitan.

“Kami bukan berarti menyalahkan masyarakat, akan tetapi kesadaran masyarakat sangat diperlukan dalam hal ini,“ ujarnya.

Lebih lanjut Marzoan menyebutkan, untuk saat ini sumur bor induk yang berada di Dusun Kabar Utara sedang dalam perbaikan karena terjadi penyumbatan, sehingga untuk saat ini sebagian wilayah Desa Kabar air bersih belum bisa disalurkan.

Halaman:

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

X