Dinas Dikbud Lotim Persiapkan ANBK Untuk SD dan SMP

- Selasa, 14 September 2021 | 23:50 WIB
D hadi
D hadi

-
Achmad Dewanto Hadi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Timur./ Foto : M. Ragil Sopiyan Sauri/www.ntbpos.com

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com - Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), sekolah yang dilakukan secara nasional juga akan dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Timur.

Nantinya untuk jenjang SD yang akan dinilai adalah kelas 4 dan 6 sementara untuk SMP kelas 8 yang diprioritaskan, sebelum masuk kegiatan akan dilaksanakan geladi ANBK terlebih dahulu.

Sementara untuk ANBK utama akan dilaksanakan pada bulan November 2021. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Timur, Achmad Dewanto Hadi.

“Untuk ANBK ini akan dilaksanakan November mendatang,“ katanya, Selasa, 14 September 2021.

Hadi menambahkan, Asesmen Nasional merupakan kebijakan untuk memetakan dan mengevaluasi sistem pendidikan serta salah satu program merdeka belajar.

Asesmen Nasional juga dapat mendeteksi sejauh mana kehilangan kesempatan belajar di satuan pendidikan yakni dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) serta Pendidikan Dasar dan Menengah yang dirasakan siswa di sekolah.

“Di samping menilai kompetensi keberhasilan sekolah, tentunya juga menjadi bahan evaluasi,“ tambahnya.

Kendati masih belum membuka sekolah secara menyeluruh, lanjut Hadi, Asesmen Nasional tetap dilaksanakan dimasa pandemi karena perlu diketahui banyak terjadi kehilangan kesempatan belajar oleh peserta didik, mengingat kehilangan kesempatan belajar di setiap daerah bervariasi.

“Jika tidak ada data yang akurat, maka pemerintah akan kesulitan untuk mengalokasikan anggaran dan sumber daya yang ketersediaannya terbatas,“ ujarnya.

Halaman:

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

Gempa Masal Tenaga Honorer Pada November 2023

Kamis, 29 September 2022 | 15:16 WIB

Mendagri Serahkan KTP-el dan KK kepada WNI di Jepang

Selasa, 27 September 2022 | 21:41 WIB

Universitas Hamzanwadi Tanda Tangani MoU dengan ADLPTI

Selasa, 27 September 2022 | 20:18 WIB
X