• Rabu, 10 Agustus 2022

TKW Asal Lotim Lompat Dari Lantai 2 Gedung BLKLN Jawa Timur

- Selasa, 15 Juni 2021 | 22:36 WIB
wardi
wardi

-
Ahmad Wardi, Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja (PPKK), Disnakertrans Lombok Timur./ Foto : Suandi Yusuf/www.ntbpos.co

LOMBOK TIMUR - Sebanyak 5 orang Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang diduga ingin melarikan diri dengan cara melompat dari lantai 2 gedung Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLKLN) PT. Citra Karya Sejati (CKS) Kota Malang, Jawa Timur. Salah satunya adalah Baiq Indri (24) merupakan warga Lombok Timur.

Dari kelima TKW tersebut, 2 orang berhasil kabur sehingga belum terkonfirmasi identitasnya dan 3 orang mendapat perawatan di salah satu Rumah Sakit daerah setempat, termasuk Baiq Indriani serta 2 lainnya berasal dari Sumbawa dan Lombok Tengah.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja (PPKK), Disnakertrans Lombok Timur, Ahmad Wardi mengatakan bahwa dirinya sudah mendatangi rumah orang tua korban untuk memfasilitasi penyelesaian kasus tersebut.

“Kami sudah mendatangai rumah orang tua korban di Lendang Nangke bersama Kades, Kadus dan Bhabinsa setempat untuk berkoordinasi, salah satunya terkait izin operasi di bagian kaki yang akan dijalani korban,namun tindakan medis itu tidak bisa dilakukan jika belum ada izin orang tua,“ katanya, Selasa 15 Juni 2021.

Dijelaskannya bahwa Baiq Indriani berangkat melalui jalur resmi sehingga Pemerintah melalui Disnakertrans harus mengambil peran penuh dalam hal penyelesaian kasus yang dialami korban.

“Pemerintah sudah menjalankan peran itu dengan berkoordinasi bersama pihak-pihak terkait dan karena korban masih merupakan tanggungan Perusahaan, maka untuk biaya pengobatan ditanggung sepenuhnya sama Perusahaan tersebut,“ jelasnya.

Peristiwa yang menimpa TKW asal Lotim tersebut terjadi pada Rabu 9 Juni 2021 kemarin, namun hingga saat ini belum diketahui pasti alasan korban ingin kabur.

“Informasinya masih simpang siur, namun kuat dugaan bahwa kelima TKW tersebut ingin kabur karena ada tekong lain yang menjanjikan mereka berangkat lebih cepat ke negara tujuannya yaitu Singapura,“ ungkapnya. np

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

X