Begini Tanggapan Baznas Lotim Terkait Pengumpulan Bantuan Operasi Anaya dan Inaya

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 08:47 WIB
Sejumlah bantuan dari lembaga kemanusiaan sebagian besar belum diterima keluarga Anaya dan Inaya.  (Photo: doc.ntbpos.com)
Sejumlah bantuan dari lembaga kemanusiaan sebagian besar belum diterima keluarga Anaya dan Inaya. (Photo: doc.ntbpos.com)

NTBPOS.com - Begini tanggapan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lombok Timur (Lotim), terkait pengumpulan bantuan biaya penanganan operasi pemisahan badan Bayi kembar siam, Anaya dan Inaya (3).

Diketahui, biaya untuk operasi pemisahan badan Bayi kembar siam ini di tanggung oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Lotim. Selain itu, beberapa lembaga kemanuaiaan turut membantu mencarikan dana bantuan dengan buka donasi secara online. 

Hadirnya para pihak, baik Pemda Lotim maupun lembaga kemanusiaan tidak lepas dari aspirasi masyarakat. Mereka melihat ketidak mampuan keluarga Anaya dan Inaya untuk membiayai baik operasi maupun perawatan. 

Baca Juga: Pimpinan Dewan Kecam Pengumpulan Dana Kemanusian  Abal-Abal

Ternyata, rencana bantuan tersebut, sejak tahun 2020 silam, Pemerintah Daerah (Pemda) lotim sudah berinisiasi membantu biaya penanganan operasi pemisahan badan Bayi kembar siam ini. Pada waktu itu, Bupati Lotim, H.M. Sukiman Azmy memanggil pihak-pihak OPD sebagai sumber pendanaan termasuk Baznas Lotim

Pemda Lotim berencana melakukan operasi pemisahan badan Anaya dan Inaya di RSUD R Soedjono Selong. Untuk tenaga kesehatan salah satunya dokter akan di datangkan dari luar. Sehingga, dibutuhkan anggaran biaya sekitar Rp1 Miliar. 

"Bupati meminta kita rembukan karena yang dibutuhkan sangat besar, besaran yang di keluarkan OPD belum ditentukan waktu itu" Kata Abdul Hayi Zakaria, Kepala pelaksana Baznas, Selasa, (16/8/22) lalu. 

Baca Juga: Kemana Donasi Bayi Kembar Siam Anaya dan Inaya ?

Dalam perjalanannya sambung Abdul Hayi, tindakan operasi tidak terlaksana karena pada waktu itu terjadi Covid-19. Sehingga tertunda, bantuan yang direncanakan Pemda Lotim itu juga ditunda. 

Dengan keadaan seperti itu, Baznas Lotim berkunjug kerumah Anaya dan Inaya dua kali, sekedar melihat kondisinya pada waktu itu. "Kami bawakan sedikit bantuan, sekitar Rp5 juta waktu itu," tuturnya. 

Halaman:

Editor: Najamudin Annaji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

World Pharmacist Day 2022, Menuju Dunia Lebih Sehat

Minggu, 25 September 2022 | 15:48 WIB

Gunung Rinjani Telan Korban Asal Israel

Jumat, 19 Agustus 2022 | 12:15 WIB
X