SAPMA PP Konawe Utara Desak DPRD dan Bupati Membuat Perda CSR Tambang

- Kamis, 1 Desember 2022 | 21:15 WIB
Pengurus cabang SAPMA PP Kabupaten Konawe Utara.  (Photo: Istimewa)
Pengurus cabang SAPMA PP Kabupaten Konawe Utara. (Photo: Istimewa)

KONAWE UTARA, NTBPOS.com - Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara, merupakan daerah yang memiliki cadangan Nickel yang begitu melimpah ruah. Dengan potensi tersebut, harusnya mampu menopang kemajuan bagi masyarakat. 

Tetapi kenyataannya, perusahaan tambang yang beraktivitas di Konawe Utara belum mampu memberikan kontribusi secara optimal untuk kemajuan masyarakat di daerah tersebut. 

Hal ini di ungkapan Ketua Bidang (KABID) Pengembangan Potensi Daerah (PPD) Satuan Siswa Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila (SAPMA PP) Konawe Utara, Salim Sadewa, melalui keterangan rillisnya, Kamis, 1 Desember 2022.

Baca Juga: Bocornya PAD Bidang Aset, Kepala Bapenda Lombok Timur : Itu Perbuatan Oknum

Menurut Salim, perusahaan tambang yang mengelola Sumber Daya Alam (SDA) di Konawe Utara belum mampu berkontribusi banyak. Sebeb, banyak perusahaan yang masih lalai untuk menjalankan kewajiban seperti menjalankan program tanggung jawab sosial atau yang akrab di sebut CSR. 

"Kehadiran perusahaan tambang di Konawe Utara tidak mampu memberikan kontribusi besar bagi daerah dan masyarakat. Karena untuk melaksanakan kewajiban dalam Menjalankan Program CSR saja tidak mereka laksanakan" sebutnya. 

Lebih lanjut, Salim mengatakan bahwa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Bupati Konawe Utara harus segera merencanakan penyusunan Peraturan Daerah (Perda) tentang CSR, untuk mengoptimalkan kontribusi dari perusahaan tambang. 

Baca Juga: Melalui Program APDOL, Cara Disdukcapil KLU Maksimalkan Pelayanan Warga Disabilitas

"Agar lebih banyak lagi kontribusi dari kehadiran perusahaan tambang, kami mendesak DPRD dan Bupati untuk segera merencanakan penyusunan Perda Tentang CSR. Agar kehadiran perusahaan tambang dapat lebih berasa manfaatnya" Tutupnya. ***

Editor: Najamudin Annaji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemenag Gelar Survei IPMB Berbasis CAT

Selasa, 27 Desember 2022 | 21:49 WIB

Subsidi KBLBB Ditolak DPR, Begini Alasan Penolakannya

Rabu, 21 Desember 2022 | 14:49 WIB
X