Diduga Dipicu Pergerakan Tanah, Pipa PLTN di Garut Jawa Barat Jebol

- Rabu, 30 November 2022 | 06:22 WIB
Pipa air PLTN yang bocor, semburkan air hingga puluhan meter.  (Photo : Tangkapan layar)
Pipa air PLTN yang bocor, semburkan air hingga puluhan meter. (Photo : Tangkapan layar)

GARUT, NTBPOS.com - Diduga dipicu pergerakan tanah, pipa air Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) milik PT Tirta Gemah Ripah, yang berada di Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut Jawa Barat, jebol

Jebolnya pipa air PLTN ini beredar luas di sosial media. Dalam video berdurasi 30 detik ini, air nampak keluar menjulang tinggi di tengah-tengah area perkebunan. 

Kapolsek Bungbulang, IPTU Usep mengatakan bahwa jebolnya pipa air milik PT GTR itu terjadi pada Senin (28/11/22) siang, sekitar pukul 14.00 WIB.

Baca Juga: Pemkot Banjarmasin Kaji Tiru ke Lombok Timur Terkait Keberadaan Bale Mediasi

Berdasarkan keterangan dari pegawai PLTN, PT Tirta Gemah Ripah, jebolnya pipa tersebut akibat pergerakan tanah

"Info yang kami terima, karena pipa air itu kan berada di tanah yang labil, kemarin diduga terjadi pergerakan tanah. Saat pergerakan tanah terjadi, pipa tersebut jadi bengkok kemudian bocor dan akhirnya jebol," jelas Usep, dilansir dari laman m.merdeka.com, Rabu, 30 November 2022.

Lebih lanjut, IPTU Usep mengungkap, jebolnya pipa dengan tekanan tinggi menyembur keluar hingga 10 meter. Saat jatuh kembali, air menimpa bangunan milik PT Tirta Gema Ripah. 

Baca Juga: Waspada Upaya Penipuan Melalui Whatsapp Gunakan Photo Profile Gubernur NTB

“Bangunan yang rusak itu adalah powerhouse yang ukurannya sekitar 14x30 meter. Kondisi bangunan atapnya rusak karena tertimpa air yang naik lalu jatuh," jelasnya.

Usep memastikan tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa itu. "Saat ini, tidak ada lagi semburan air, karena petugas dari perusahaan langsung melakukan penutupan,"ujar IPTU Usep. **

Halaman:

Editor: Najamudin Annaji

Sumber: m.merdeka.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemenag Gelar Survei IPMB Berbasis CAT

Selasa, 27 Desember 2022 | 21:49 WIB

Subsidi KBLBB Ditolak DPR, Begini Alasan Penolakannya

Rabu, 21 Desember 2022 | 14:49 WIB
X