Dampak positif Covid-19, Munculkan Tren Baru Wisata Kesehatan

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 23:07 WIB
Photo: salah satu Wellness tourism  di Kupu Barong Villas. & Tree Spa by L'Occitane Bali.  (Kupu Barong Villas)
Photo: salah satu Wellness tourism di Kupu Barong Villas. & Tree Spa by L'Occitane Bali. (Kupu Barong Villas)

NTBPOS.com - Pembatasan mobilitas masyarakat akibat pandemik Covid - 19 merugikan semua industri terutama Industri pariwisata. Menurut data Lembaga Tourism Internasional (WTO) industri pariwisata global di tahun 2020 menurun sekitar 73% dan tahun 2021 menurun 72% dibandingkan dengan tahun 2019.

Namun, pandemi Covid- 19 juga memunculkan tren baru akvitas vakansi, yakni wellness tourism atau wisata kesehatan di asilitas kesehatan. Peningkatan kesadaran akan kesehatan selama pandemi, masyarakat pun mencari destinasi liburan yang dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, wellness tourism di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar terutama pasca pandemi. Konsep berwisata yang menyeimbangkan antara tubuh, pikiran dan jiwa ini diminati karena diyakini mampu meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup seseorang menjadi lebih baik.

Baca Juga: Kementerian Desa Bantu Wisata Alam Desa Kesik 300 Juta

''Sekarang ini beberapa RS di Indonesia telah tersedia outlet jamu tradisional, pelayanan pijat tradisional untuk kebugaran serta paket wisata yang terintegrasi dengan wisata alam, wisata artifisial lalu diakhiri dengan wisata belanja dan kuliner,'' kata Dante Saksono Harbuwono, dilansir dari kemkes.go.id. Minggu 7 Agustus 2022.

Di Indonesia sendiri, wellness tourism sedang dikembangkan di tiga daerah yakni D.I. Yogyakarta, Solo, dan Bali. Ketiga daerah tersebut memiliki daya tarik dan keunggulan tersendiri terkait dengan wisata kebugaran.

D.I. Yogyakarta fokus dengan wisata pijat, meditasi, makanan sehat, dan budaya. Solo dengan jamu tradisional dan aromaterapi. Selanjutnya untuk Bali fokus pada pengembangan meditasi, makanan sehat dan wisata alam. 

Baca Juga: Pekan Menyusui Seduni, Dirjen Kesmas Kunjungi Sragen Sebagai Lokus Stunting

Dante Saksono Harbuwono, menyebutkan paket wisata kebugaran di tiga daerah tersebut telah menjadi destinasi wellness kelas dunia.

''Paket wisata kebugaran tersebut dinikmati oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara,'' ungkap Dante Saksono Harbuwono

Halaman:

Editor: Najamudin Annaji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Masal Tenaga Honorer Pada November 2023

Kamis, 29 September 2022 | 15:16 WIB

Mendagri Serahkan KTP-el dan KK kepada WNI di Jepang

Selasa, 27 September 2022 | 21:41 WIB

Indonesia Usulkan Ikut Uji Klinis Vaksin TB Kepada BMGF

Senin, 26 September 2022 | 07:56 WIB

Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Wafat di Malaysia

Minggu, 18 September 2022 | 16:05 WIB

Mahfud Desak RUU Perampasan Aset Segera Disahkan

Sabtu, 17 September 2022 | 13:55 WIB
X