Peringatan Pekan Menyusui Sedunia, Ketua DPR RI Sebut Asi Eksklusif Turunkan Stunting

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 15:48 WIB
Photo: Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani (dpr.go.id)
Photo: Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani (dpr.go.id)

NTBPOS.com - Pekan Menyusui Sedunia yang berlangsung sejak tanggal 1 sampai dengan 7 Agustus 2022, bertema menyusui merupakan kunci dalam menentukan strategi pembangunan berkelanjutan pasca pandemi Covid-19. 

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani dalam peringatan Pekan Menyusui Sedunia tahun 2022, Ini mengajak seluruh masyarakat mendukung para ibu memberikan Air Susu Ibu (ASI) eksklusif kepada anak. Hal ini penting untuk menurunkan angka stunting atau gizi kronis pada anak di Indonesia. 

"Puan maharani, mengajak seluruh masyarakat Indonesia mendukung para ibu agar dapat menyusui sejak dini, secara eksklusif, dan berkesinambungan demi menurunkan angka stunting pada anak, khususnya pada momen World Breastfeeding Week 2022," kata Puan Maharani, melalui keterangan tertulisnya, Ahad, 7 Agustus 2022.

Baca Juga: Hamil Usia Dini Rentan Lahirkan Anak Stunting

Pekan Menyusui Sedunia sambung Puan Maharani, berfokus pada penguatan kapasitas seseorang yang melindungi, mempromosikan, dan mendukung menyusui di berbagai lapisan masyarakat. 

Untuk itu, dia mengingatkan, inisiasi menyusui dini dan pemberian ASI eksklusif selama enam bulan memberikan perlindungan terhadap infeksi saluran cerna dan kandungan gizi yang diperlukan untuk mencegah stunting.

“Praktik menyusui yang optimal adalah kunci untuk menurunkan stunting pada anak di bawah usia lima tahun. Tentunya ini perlu dioptimalkan demi mencapai target global dan nasional dalam mengurangi stunting hingga 40 persen,”.

Baca Juga: Kasus Stunting di Kecamatan Sambelia Menurun 10 Persen

“Secara khusus saya mengapresiasi para ibu dan seluruh keluarga Indonesia yang terus berjuang untuk bisa melakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) dan memberikan asupan ASI bagi bayi dan anak-anak di tengah ancaman penularan Covid-19,” sambung Puan Maharani

Politisi PDI-Perjuangan itu pun mengajak seluruh elemen bangsa menyukseskan World Breastfeeding Week dengan mendukung para ibu untuk memberikan ASI kepada anaknya. Puan menyebut, menyusui merupakan salah satu cara paling efektif untuk melindungi kesehatan anak dan ibu.

Halaman:

Editor: Najamudin Annaji

Sumber: dpr.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Masal Tenaga Honorer Pada November 2023

Kamis, 29 September 2022 | 15:16 WIB

Mendagri Serahkan KTP-el dan KK kepada WNI di Jepang

Selasa, 27 September 2022 | 21:41 WIB

Indonesia Usulkan Ikut Uji Klinis Vaksin TB Kepada BMGF

Senin, 26 September 2022 | 07:56 WIB

Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Wafat di Malaysia

Minggu, 18 September 2022 | 16:05 WIB

Mahfud Desak RUU Perampasan Aset Segera Disahkan

Sabtu, 17 September 2022 | 13:55 WIB
X