Resmi! Terkait IKM, Kemendikbudristek Wajibkan Semua Guru Melakukan Hal Ini

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 18:02 WIB
Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia./www.ntbpos.com/ (Istimewa)
Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia./www.ntbpos.com/ (Istimewa)

NTBPOS.com - Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mewajibkan semua Guru melakukan satu hal ini terkait Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Dikutip dari Channel YouTube Guru Abad 21, pada Selasa, 2 Agustus 20222, dimana berdasarkan Surat Edaran (SE) Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan dengan Nomor Surat 1919/B1.B5/GT.01.03/2022 yang dikeluarkan pada 19 April 2022 menyatakan semua guru harus menginstal platform Merdeka Belajar.

Sebelum itu perlu dipahami ada 3 katagori sekolah terkait implementasi kurikulum merdeka (IKM) terkait penerapan kurikulum merdeka yaitu implementasi kurikulum merdeka melalui jalur sekolah penggerak.

Baca Juga: Universitas Hamzanwadi Kembali Meraih Hibah PKKM Kemendikbud

Yang kedua adalah IKM jalur Mandiri dan yang ketiga sekolah yang tidak terdaftar di IKM, untuk ketiga jenis sekolah tersebut dengan kata lain mengcover sekolah, dimana ada satu hal yang harus dilakukan oleh semua guru.

Bagi semua guru, Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) jalur mandiri belajar wajib mendownload atau menginstal aplikasi Platform Merdeka Mengajar atau akses melalui laman http://guru.kemendikbud.go.id/

Selain mendownload aplikasi atau mengakses laman yang disediakan, para guru harus mengikuti pelatihan Mandiri Kurikulum Merdeka pada Platform Merdeka Mengajar atau bisa melalui laman http://guru.kemendikbud.go.id/

Baca Juga: Bimtek IKM Gunakan Dana BOS, Sinyal Dinas Dikbud Lombok Timur Kehausan Cuan

Begitu juga dengan implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri Berubah, dimana Kepala Sekolah dan Guru mulai tahun 2022/2023 menerapkan kurikulum merdeka dengan menggunakan perangkat ajar yang disediakan pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, kelas 4, kelas 7 atau kelas 10.

Halaman:

Editor: Suandi Yusuf

Sumber: Channel YouTube Guru Abad 21

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X